Cara mengganti popok anak yang benar

Orangtua yang memiliki bayi atau batita pasti sadar betul pentingnya mengganti popok anak beberapa jam sekali, idealnya setiap 2-3 jam. Meski terlihat sepele, aktivitas ini menjadi tantangan tersendiri bagi parents, terutama ketika pertama kali menjadi Mom atau Dad. Apalagi bila anak sedang aktif bergerak, waduh, terlihat lebih repot, ya? Namun, tentu saja tetap harus dilakukan.

Mengganti popok sejatinya sudah lumrah kita lihat di keseharian, tapi tak sedikit masih ada sebagian yang bingung dengan cara yang benar. Tenang, berikut panduan lengkap bagi ayah dan ibu dalam mengganti popok anak:

Persiapkan barang-barang yang dibutuhkan sebelum mengganti popok bayi

Sebelum mengganti popok si kecil, jangan lupa persiapkan barang-barang seperti tisu basah, krim untuk ruam popok, baju ganti bila perlu, tempat yang bersih untuk mengganti popok, kantong untuk popok kotor, dan tentunya popok bayi yang baru. Selain itu, pastikan tangan ibu, ayah, atau yang akan menggantikan popok bayi sudah tercuci bersih.

Baca juga: Bantu Atasi Ruam Popok, “Makuku Air Diapers” Tampil dengan Struktur Inti 100% SAP yang Anti Gumpal  

Bukalah popok bayi yang sudah terpakai dan kotor

Setelah meletakkan si kecil di alas yang bersih, bukalah perekat popok yang kotor secara perlahan agar perekat dan popok tidak sobek. Setelah itu, angkat bagian depan popok yang kotor dan turunkan ke bawah. Kemudian, angkatlah bokong anak dengan memegang kedua pergelangan kakinya ke atas secara perlahan. Ambillah bagian depan popok, lipat hingga menutup bagian belakang yang kotor, serta buanglah ke kantong sampah yang sudah disediakan.

Bersihkan kulit bayi sebelum memakaikan popok baru

Bersihkan alat kelamin, bokong, serta lipatan paha bayi dari kotoran maupun urine yang menempel dengan menggunakan tisu basah hingga bersih. Selain itu, pastikan agar ibu dan ayah membersihkan bokong bayi dari arah depan ke belakang untuk mencegah penyebaran bakteri dan infeksi saluran kemih.

Kenakan popok bersih pada anak

Pertama-tama, buka popok bersih dan selipkan di bawah bokong anak dan geserkan popok ke arah pinggang. Selanjutnya, tarik popok bagian depan ke arah perut anak dan pastikan bagian depan dan belakang popok sejajar untuk mencegah kebocoran. Pada anak laki-laki, arahkan alat kelaminnya ke bawah agar urine tidak membasahi bagian atas. Kemudian buka perekat popok dan tarik ke arah perut untuk dikencangkan. Namun, hati-hati untuk tidak merekatkan popok terlalu kencang karena dapat menimbulkan ketidaknyamanan bagi si kecil.

Baca Juga: Tak perlu Bingung Lagi, Ini Beda Popok Generasi Baru vs Popok Konvensional, Moms!

Setiap produk Makuku, termasuk Makuku Air Diapers, menggunakan bahan-bahan terbaik dari seluruh dunia, seperti Jepang, Jerman, dan Amerika. Sejak diluncurkan Desember 2021 lalu, Makuku Air Diapers telah terjual sebanyak 1.000 pcs, menjadikannya salah satu dari top 10 produk popok terlaris di e-commerce. Saat ini, Makuku Air Diapers sudah tersedia  di offline store Makuku dan juga dapat dibeli melalui Makuku Official Store di marketplace seperti, Tokopedia, Shopee, Lazada, TikTok Shop, JD.ID, dan Blibli. Mulai tahun ini, Makuku Air Diapers akan tersedia di pasar swalayan dan supermarket di seluruh Indonesia.

Foto: Ist

 

 

 

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *