Cara Lindungi Mata dari Paparan Sinar Biru Gawai

Berdiam diri di rumah selama masa pandemi ini membuat anak-anak semakin sering memandang layar gawai (gadget) seperti komputer, tablet, smartphone ataupun televisi. Sinar radiasi yang dipaparkan oleh gadget secara terus menerus sayangnya dapat memberikan efek negatif pada mata anak.

Ya, terlalu lama menatap perangkat elektronik dapat menjadi penyebab utama masalah mata pada anak. Sinar biru bisa menimbulkan masalah yang disebut dengan Digital Eye Strain (DES). Efek yang ditimbulkan DES bisa menyebabkan sederet gangguan pada mata, seperti memicu mata kering, iritasi, mata merah, pandangan kabur, kelelahan mata, hingga mata berair.

Untuk mencegah dan mengurangi efek tersebut, ada beberapa yang bisa dilakukan:

1. Batasi waktu penggunaan gadget
Untuk anak usia 2 – 5 tahun, waktu penggunaan gadget adalah tidak lebih dari 1 jam. Sedangkan untuk anak diatas 6 tahun dapat menggunakan gadget maksimal 2 jam. Mengingat saat ini mayoritas anak bersekolah dari rumah dan belajar menggunakan laptop maka setelah proses belajar mengajar selesai, sebaiknya jangan kembali bermain menggunakan gadget.

2. Beraktivitas tanpa gadget
Banyak kok aktivitas seru yang bisa kalian lakukan tanpa gadget. Istirahatlah sejenak. Gunakan gadget seperlunya, misalnya untuk belajar online. Selepas itu, cari aktivitas lain di rumah yang kalian sukai di waktu senggang, seperti membaca buku, mewarnai, bermain puzzle, belajar memasak, melukis, dan sebagainya.
Kalian juga bisa bermaindi halaman rumah. Seperti bermain bola, berkebun, dan sebagainya. Aktivitas ini akan membangun keterampilan motorik kasar. Atau, kamu juga bisa melibatkan Mama, Papa atau adik untuk bermain bersama pura-pura atau bermain peran, misalnya main masak-masakan atau menjadi dokter. Pasti menyenangkan!

3. Menggunakan Kacamata Anti Radiasi atau Sinar Biru
Saat menggunakan gawai, gunakan kacamata yang menggunakan lensa berkualitas Ophthalmic Optic sehingga bisa melindungi sepenuhnya mata kamu dari sinar biru serta sinar UV. Sekarang telah ada MoMaMi Zuper Vision Anti Blue-Light Glasses yang dapat memblokir radiasi elektromagnetik dan memantulkan keluar sehingga mata anak aman saat menggunakan gadget, baik untuk belajar maupun bermain.

Salah satu bahaya sinar biru adalah pencegah pelepasan melatonin, dimana ini merupakan hormon pendorong tidur yang penting. Hal ini menyebabkan gangguan tidur pada anak. Dengan menggunakan MoMaMi Zuper Vision Anti Blue-Light Glasses, sinar biru tidak akan memasuki mata dan terpantul keluar dan anak dapat kembali tidur dengan tenang.
Tak perlu khawatir kacamata ini akan berembun karena sudah dilengkapi dengan anti fog.
Selain itu, gagang kacamata terbuat dari karet sehingga elastis dan tidak mudah patah.
Kacamata ini tersedia dalam 3 warna pilihan biru, pink dan hitam.

“Setelah menghadirkan 6 rangkaian tisu basah untuk berbagai kegunaan, MoMaMi meluncurkan MoMaMi Zuper Vision anti blue-light glasses. Kacamata ini menggunakan lensa yang mengandung bahan anti radiasi yang dapat menyerap gelombang mikro frekuensi yang berdampak tidak baik untuk mata. Tidak dipungkiri semenjak anak bersekolah dari rumah, secara otomatis waktu anak terpapar gadget akan lebih lama dan kacamata ini bisa menjadi solusi agar mata anak tidak cepat lelah dan kering,” tutup Ibu Lina Paulina, Vice President MOMAMI.

Foto: dok. MoMaMi

 

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *