Cuci tangan adalah sebuah tindakan kecil tapi manfaatnya luar biasa lho, Kids! Karena dengan mencuci tangan pakai sabun, berarti kamu telah mencegah tubuhmu terserang penyakit. Bahkan PBB menetapkan setiap tanggal 15 Oktober sebagai ‘Hari Cuci Tangan Sedunia’.

Perlu kamu ketahui tangan adalah anggota tubuh yang paling sering menyentuh benda-benda di sekitar lingkungan. Oleh sebab itu juga tangan jadi perantara masuknya kuman penyakit ke dalam tubuh. Dengan mencuci tangan menggunakan sabun, adalah cara terbaik menjaga diri dari penyebaran kuman. Lifebuoy, brand sabun kesehatan keluarga produksi PT Unilever Indonesia, Tbk., turut merayakan Hari Cuci Tangan Sedunia di SDN 03 Menteng Jakarta dengan mengedukasi masyarakat akan pentingnya cuci tangan pakai sabun (CTPS).
Lantas, kapan kita harus mencuci tangan, Kids? Kita wajib cuci tangan sebelum makan, setelah buang air besar/buang air kecil, setelah memegang binatang, dan setelah beraktivitas.
Nah, berikut adalah cara cuci tangan yang benar:

  1. Basahi tangan dengan air mengalir.
  2. Gunakan sabun antibakteri, karena efektif untuk menghilangkan kuman penyebab penyakit.
  3. Gosok-gosok tangan hingga sabun mengeluarkan busa.
  4. Ratakan sabun dan gosok tangan setidaknya selama 20 detik. Ingatlah untuk menggosok semua permukaan, termasuk punggung tangan, pergelangan tangan, antara jemari, dan di bawah kuku.
  5. Bilas tangan hingga tak ada busa sabun yang tersisa.
  6. Keringkan tangan dengan handuk bersih atau tisu kering.
  7. Matikan kran dengan siku tangan atau handuk agar kuman yang mungkin menempel pada kran tidak mencemari tangan yang sudah bersih. (Retno)

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *