Burung Hering Raja adalah spesies burung Hering Dunia Baru, yang hidup di Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Burung ini biasanya hidup di hutan tropis, dataran rendah, seperti Meksiko Selatan, hingga Argentina Utara. Selama ini, Hering Raja adalah anggota satu-satunya genus sarcoramphus yang diketahui.

Kulit Berubah

Burung ini memiliki ukuran besar, sebagian besar tubuhnya berwarna putih, dengan bulu-bulu punggung, sayap, serta ekor berwarna abu-abu atau hitam. Kepala dan lehernya botak, dengan warna kulit berubah-ubah seperti kuning, jingga, biru, ungu, serta merah. Burung Hering Raja memiliki gelambir kuning yang sangat menyolok pada paruh jingga dan hitamnya.

Spesies burung ini termasuk dalam burung pemakan bangkai. Mereka kerap menjadi burung pertama yang mendatangi bangkai baru atau segar. Burung ini memang memakan hanya daging bangkai, tapi tidak seperti beberapa Hering Dunia Baru lainnya, burung ini tidak membunuh binatang lain yang sakit atau hampir mati untuk mendapat makanan.

Melayang

Hering Raja termasuk spesies Hering Dunia Baru yang terbesar. Panjang tubuh keseluruhannya bisa mencapai 67–80 cm dan ketika sayapnya dibentangkan lebarnya bisa mencapai 1,2–1,7 meter. Berat tubuh Hering Raja sekitar 2,7–4,5 kilogram. Binatang langka ini sangat pandai melayang, Kids. Kadang-kadang, mereka dapat membumbung tinggi selama berjam-jam tanpa mengepakkan sayapnya.

(Sumber: Majalah Just For Kids)

You may also like
Latest Posts from

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *