Pernahkah kamu berpikir, bagaimana cara tanaman mendapatkan zat – zat makanan dari tanah? Nah, melalui percobaan bunga mekar berikut ini, kita akan tahu jawabannya, Kids!

Alat & Bahan:

  • 3 buah piring plastik
  • Cetakan bunga kertas
  • Kertas HVS
  • Kertas koran
  • Kertas samson
  • Pensil
  • Gunting

Langkah Percobaan:

 

1 Gunakan cetakan bunga kertas untuk membuat pola bunga kertas pada masing-masing kertas, kemudian, gunting.

 

 

2. Lipat ujung-ujung pola kertas ke arah dalam sehingga membentuk bunga yang sedang kuncup.

 

3. Isi masing-masing piring plastik dengan air. Masukkan masing-masing 1 bunga kertas HVS ke piring 1, bunga kertas koran ke piring 2, bunga kertas samson ke piring 3. Bagian yang dilipat berada di atas.

4. Amati kertas jenis manakah yang lebih cepat mekar?

Apa Kata Sains:

Setiap jenis bahan memiliki pipa kapiler yang berbeda-beda banyaknya. Semakin banyak, maka semakin besar kemampuan kertas tersebut dalam menyerap air. Sifat air adalah dapat masuk ke celah-celah. Lubang-lubang kecil atau celah panjang sempit tempat naiknya air disebut kapiler.

Tanpa kalian sadari, banyak sekali peristiwa kapilaritas di alam ini. Kira-kira begitulah cara kerja akar dan batang tanaman untuk mendapatkan zat makanan dari tanah. Sama dengan kertas tisu, pada akar dan batang terdapat pipa-pipa kecil yang banyak yang disebut dengan pipa kapiler. Melalui pipa ini air merambat naik sambil membawa makanan. Jadi, kamu mengetahui betapa pentingnya air bagi tanaman, kan, Kids?

Percobaan ini dilakukan di:
Rumah Sains Ilma
Jl. TPU Parakan 148
Pamulang 2 – Tangerang Selatan
Telp: 021- 7463.1039

You may also like
Latest Posts from

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *