Bagaimana kalau ada tumbuhan yang nampaknya sudah kering dan mati, tapi tiba-tiba hidup kembali? Waahh, ajaib! Kok bisa, ya?

Memiliki nama latin Selaginella lepidophylla atau Rose of Jericho, tumbuhan ini dikenal juga sebagai bunga Kebangkitan atau bunga Doradilla. Merupakan spesies dari tumbuhan gurun pasir yang tumbuh di Timur Tengah dan Amerika Tengah.

Tumbuhan ini dikenal karena kemampuannya bertahan hidup di tempat kering. Bahkan bisa hidup lagi meski diawetkan dengan cara dikeringkan sekalipun. Saat “Mawar” Yerikho ini benar-benar kering, ia tetap akan bisa tumbuh lagi jika ditempatkan dan dibiarkan tinggal di air. Bila sudah kering, tumbuhan ini akan terlipat serta berubah warna menjadi abu-abu dan rapuh.

Tumbuhan Dinosaurus

Ketika tumbuhan ini ditempatkan di dalam air, warnanya akan kembali ke warna alaminya yaitu hijau. Tumbuhan akan hidup kembali dengan indah. Uniknya, hal tersebut dapat terjadi berulang-ulang, Kids. Bahkan, setelah 50 tahun tanpa air pun tumbuhan ini akan bangkit kembali. Tak heran jika tumbuhan ini kadang-kadang disebut juga sebagai tumbuhan dinosaurus!

Tumbuhan ini termasuk dalam tumbuhan langka, lho. Jika ingin melihat tumbuhan yang bisa bangkit dari kematian ini, kalian bisa menemukannya di habitat asalnya di gurun Chihuahua, Meksiko. (JFK/Nov)

You may also like
Latest Posts from

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *