Hayooo, Bunda siapa yang suka rewel kalau kalian nggak menghabiskan makanan? Yups, selain menghindari food wasting (menyia-nyiakan makanan), Bunda pasti sedih kalau makanan yang sudah capek-capek ia persiapkan, tidak kalian habiskan.

Tapi, tunggu dulu, menghabiskan makanan bukan berarti kalian harus makan banyak melebihi kebutuhan kalian, lho, ya! Bukan juga berarti asal makan kenyang, tampa peduli apa yang kalian makan. Namun, makan yang benar itu adalah yang tepat kandungan gizinya, dan tepat pula porsinya, sesuai kebutuhan kalian.

Ya, tahukah kalian, masih banyak sekali anak-anak di Indonesia yang mengalami permasalahan gizi tidak seimbang atau malnutrisi. Hal itu ditandai dengan besarnya angka stunting (kondisi gagal tumbuh pada anak balita akibat dari kekurangan gizi kronis sehingga anak terlalu pendek untuk usianya) dan obesitas (berat badan berlebih) pada anak. Kondisi ini, menurut Riskesdas tahun 2018, dialami lebih dari 23 juta anak. Duh!

Makanan bergizi seimbang sangat penting bagi pertumbuhan, Kids. Bila tidak mendapatkan asupan gizi yang tepat, maka pertumbuhan otak maupun fisik kita bisa terganggu. Padahal, anak-anak seperti kalian adalah generasi masa depan Indonesia. Kita tahu, Ibu adalah sosok yang berperan besar untuk menyajikan makanan bergizi seimbang di meja makan keluarga. Namun, sayangnya, tak banyak nih para Ibu yang memiliki pengetahuan cukup tentang gizi.

Untuk itulah, demi komitmen membantu para Ibu maupun remaja putri dalam menyiapkan asupan makanan yang lezat dan bergizi, Royco, meluncurkan program Royco Nutrimenu ‘Ayo Masak Lezat sesuai Isi Piringku’. Ini adalah kegiatan edukasi yang dilakukan Unilever Indonesia melalui brand Royco bekerjasama dengan Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) dan pemerintah daerah Garut, sebagai upaya pencegahan risiko ketidakseimbangan gizi.

Rangkaian kegiatan edukasi tersebut diawali dengan Training of Trainers (ToT) kepada kader kesehatan dari TP-PKK dan Posyandu mengenai permasalahan gizi di Indonesia, prinsip gizi seimbang, pedoman Isi Piringku, dan praktik memasak resep Royco Nutrimenu sesuai Isi Piringku.

Apa itu? Isi piringku adalah panduan berapa banyak porsi makanan yang dikonsumsi dalam satu piring. “Porsi makanan yang dianjurkan adalah setengah piring terdiri dari buah dan sayur, dan setengah piring sisanya adalah sumber karbohidrat dan lauk-pauk dengan proporsi seimbang,” ujar dokter gizi, dr. Diana F. Suganda, MKes, Sp.GK. Jadi, kalau kalian biasa makan nasi putih sepiring plus ayam goreng di rumah, itu sangat tidak memenuhi panduan Isi Piringku, Kids.

Chef Yuda Bustara (kiri) dan artis Nirina Zubir (kanan) saat memberikan penjelasan di sesi demo masak pada acara peluncuran program Royco Nutrimenu di kawasan Gunawarman, Jakarta Selatan (28/01/20)

Nah, di program yang telah diselenggarakan pada akhir 2019 lalu di Kabupaten Garut, Jawa Barat sebagai daerah yang memiliki tingkat prevalensi tinggi akan ketidakseimbangan gizi, para kader-kader tadi lantas dibekali dengan media edukasi dan buku harian Royco Nutrimenu. Mereka lantas memberikan pengetahuan kepada 5000 ibu-ibu maupun remaja di lingkungan sekitarnya dan memberikan pendampingan dalam praktik memasak Royco Nutrimenu sesuai Isi Piringku selama 21 hari.

Prof. Dr. Ir. Dodik Briawan, MCN,  Guru Besar Departemen Gizi Masyarakat Fakultas Ekologi Manusia Universitas IPB memaparkan riset yang ia lakukan selama program tersebut berlangsung. “Penelitian menunjukkan bahwa program ini telah memberikan peningkatan signifikan bagi pengetahuan gizi, sikap dan praktik para Ibu, untuk memasak sesuai panduan Isi Piringku. Bahkan sekitar tiga perempat peserta program Royco Nutrimenu (75%) kini sudah dapat menyusun porsi pangan sumber karbohidrat, lauk pauk, sayuran dan buah dengan benar,” katanya.

Royco Nutrimenu juga memperkenalkan bahan-bahan masakan yang termasuk dalam 50 Bahan Pangan Masa Depan. Beberapa bahan yang termasuk di dalamnya adalah Bayam, Pak Choi, Daun Kelor, Selada Air, Okra, Ubi Jalar dan Kacang Hijau. “Menyiapkan menu bergizi seimbang, sebenarnya tidak sulit, kok. Program Royco Nutrimenu ini bisa membantu Ibu dalam menyiapkan masakan lezat sesuai Isi Piringku. Contohnya sup ayam daun kelor, dimana daun kelor kaya akan protein, vitamin C, zat besi, potasium dan nutrisi penting lainnya,” imbuhnya.

Program Royco Nutrimenu sendiri sudah berjalan sejak 2019 dan telah menjangkau 120.000 Ibu dan remaja di Indonesia. “Di tahun 2020, kami berkomitmen untuk agar program ini terus berlanjut untuk membantu permasalahan gizi lewat edukasi dengan target 500.000 santri dan 150.000 para Ibu di Indonesia,” tutup Ibu Hernie Raharja, Director of Foods & Beverages PT. Unilever Indonesia.

Foto: Efa

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *