Bunda Anne Avantie dan Bapak Agung Budiono Ajak Masyarakat Berbuat Baik dan Bersatu Mewujudkan Mimpi Anak-Anak Indonesia

Pada hari Rabu (09/02/22), SOS Children’s Villages Indonesia berkolaborasi dengan Bantoo.id menyelenggarakan sebuah webinar berjudul “Aktualisasi Diri melalui Kekuatan Kebaikan” bersama Bunda Anne Avantie dan Bapak Agung Budiono untuk memperluas jangkauan misi baik dalam gerakan #BersamaUntukAnak.

Seperti Moms dan Dads ketahui, pandemi yang telah berlangsung lebih dari 2 tahun meninggalkan dampak lanjutan yang besar bagi berbagai pihak, terlebih anak-anak yang telah kehilangan pengasuhan orangtua. Seperti yang dialami oleh ratusan anak di Semarang. Kesedihan mendalam, tak luput mereka rasakan. Menurut data dari Dinas Perlindungan Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, dan Keluarga Berencana (DP3AKB), terdapat 407 anak di Semarang yang telah kehilangan orangtua, dengan 53 anak di antaranya dapat dipastikan yatim piatu.

Tak hanya itu, mereka juga sangat berpotensi mengalami perubahan pola pengasuhan. Pengasuh pengganti berpotensi menghadapi berbagai keterbatasan dalam mengasuh mereka, seperti keterbatasan fisik, mental, dan ekonomi. Permasalahan ini tentunya akan memberikan dampak besar bagi pemenuhan hak dasar seorang anak, seperti hak atas pengasuhan berkualitas, termasuk pendidikan dan kesehatan.

Bapak Gregor Hadi Nitihardjo, National Director SOS Children’s Villages Indonesia mengatakan, kehilangan orangtua tentunya merupakan pukulan yang amat berat bagi anak-anak. “Maka dari itulah untuk memberikan dukungan yang hilang, SOS Children’s Villages hadir dan mengajak masyarakat untuk bersama-sama membantu anak-anak yang membutuhkan kasih sayang dan dan meraih kembali mimpi mereka yang hilang akibat pandemi Covid-19,” katanya.

Demi merespons dampak pandemi terhadap pengasuhan anak-anak Indonesia, khususnya di Semarang, SOS Children’s Villages Indonesia berkolaborasi dengan platform crowdfunding, Bantoo.id, mengadakan charity campaign dengan tujuan mengumpulkan dana bagi anak-anak yang kehilangan pengasuhan orangtua akibat pandemi, bersama inisiatif dari tokoh masyarakat, Bapak Agung Budiono.

Seluruh donasi akan disalurkan bagi anak-anak yang kehilangan orangtua akibat pandemi di Semarang. Kampanye sosial ini sudah dilakukan sejak akhir tahun lalu sebagai respons cepat bagi kebutuhan anak-anak. Sebagian hasil donasi sudah disalurkan secara langsung kepada puluhan anak yang terdampak di Semarang di akhir 2021.

Nah, memulai kampanye #BersamaUntukAnak di tahun 2022, SOS Children’s Villages Indonesia mengadakan webinar bertajuk “Aktualisasi Diri melalui Kekuatan Kebaikan” pada hari Rabu (09/02/22) dengan menghadirkan dua narasumber inspiratif yaitu, Bunda Anne Avantie, seorang perancang busana dan pelopor kebaya kontemporer Indonesia, dan Bapak Agung Budiono, seorang pelaku bisnis asset management.

Bapak Agung Budiono, seorang pelaku bisnis asset management

Bapak Agung Budiono saat ini adalah tim penasehat di beberapa perusahaan keuangan dan organisasi sosial. Sebelumnya, beliau juga pernah menjabat posisi eksekutif di beberapa perusahaan di dunia pasar modal selama lebih dari 27 tahun.

Pada webinar tersebut, Bapak Agung Budiono berbagi cerita mengenai kekuatan kebaikan yang telah beliau lakukan. Salah satunya melalui inovasi produk yang pernah beliau luncurkan yakni reksadana yang mendukung pencapaian target Sustainable Development Goals (SDGs) di Indonesia, yaitu Philanthropy Social Impact Bond Fund sejak pertengahan tahun 2019. Tujuan dari inisiatif ini untuk menciptakan dampak sosial yang berkelanjutan melalui dukungan ke berbagai misi kemanusiaan.

“Saya percaya pada prinsip tabur tuai. Apa yang kita tanam akan kita tuai dan berbuat kebaikan tidak akan ada ruginya, dan pasti menghasilkan sesuatu yang baik untuk kita dan orang-orang yang kita bantu. Semoga SOS Children’s Villages Indonesia dapat mengetuk hati orang-orang baik lainnya untuk dapat membantu anak-anak yang kehilangan orangtua akibat pandemik,” ujar Bapak Agung Budiono.

Bunda Anne Avantie, seorang perancang busana dan pelopor kebaya kontemporer Indonesia

Bunda Anne Avantie juga hadir membagikan pengalaman inspiratifnya dalam hal aktualisasi diri melalui kekuatan kebaikan. Sosok inspiratif Anne Avantie dengan BRAND ANNE AVANTIE yang telah menjadi bagian dalam Industri Fashion Indonesia, dimana karya-karyanya telah menorehkan catatan emas dalam perjalanan dunia mode Indonesia dan namanya tercatat sebagai salah satu wanita yang masuk dalam deretan Heroes of Philanthropist, Majalah Forbes yang berkarya di bidang kemanusiaan.

“Berbuatlah kebaikan, tunjukkanlah saat kamu berbuat kebaikan dengan harapan setidaknya ada satu orang yang mengikuti jejakmu. Jangan takut oleh suara manusia, takutlah pada suara Tuhan. Jangan sampai kebaikan-kebaikan kita dihentikan oleh komentar negatif manusia. Tebarlah kebaikan, maka kebaikanlah yang akan kamu tuai. Mari saling membagi rasa, membagi hati, dan membagi kebaikan,” ujar Bunda Anne Avantie.

Melalui webinar #BersamaUntukAnak “Aktualisasi Diri melalui Kekuatan Kebaikan” diharapkan dapat menjangkau lebih banyak pihak yang ingin merespons dampak pandemi terhadap anak-anak Indonesia, khususnya anak-anak yang telah kehilangan orang tua di Indonesia. Di masa depan, SOS Children’s Villages Indonesia terus berusaha untuk mewujudkan komitmen dalam membangun keluarga yang kuat dan penuh kasih sayang bagi anak-anak yang ditinggalkan, rentan, dan kehilangan pengasuhan orang tua.

Donasi yang terkumpul untuk SOS Children’s Villages Indonesia melalui Bantoo.id akan sangat bermanfaat bagi pemenuhan kebutuhan dasar anak yang terdampak, seperti: asupan makanan dan nutrisi, biaya pendidikan, akses terhadap layanan kesehatan yang berkualitas, dan penguatan ekonomi keluarga pengasuh anak. Serta dukungan psikososial untuk memastikan kualitas pengasuhan tetap terjaga baik dan menjaga kondisi emosi anak agar tetap stabil.

Mari bersama kita dukung mereka untuk menerima apa yang telah menjadi hak setiap anak Indonesia, yaitu pengasuhan yang berkualitas, pendidikan dan kesehatan yang layak melalui link desaanaksos.com/bantoountukanak. Dengan mendukung pemenuhan hak dasar mereka, para Sahabat telah membantu memastikan cerahnya masa depan mereka. Kita hadir #BersamaUntukAnak, karena Anak Indonesia adalah Anak Kita.

Foto: Efa, Ist

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *