Kamu pasti pernah diajak main ke rumah teman Mama kamu. Bagaimana rasanya? Menyenangkan, bukan? Ya, seperti yang dialami teman kamu bernama Kina.

Nah, pengalaman berkunjung ke rumah teman Mama, ternyata seru juga, lho, dijadikan sebuah cerita. Seperti yang dilakukan oleh Mama Happy Salma, mamanya Kina. Keinginan yang begitu besar untuk mendekatkan literasi pada anak sejak dini, membuat Mama Happy rela bekerja keras menulis kejadian sehari-hari sang anak, Kina menjadi sebuah buku cerita yang sangat menarik.

Salah satunya adalah saat Kina diajak berkunjung ke rumah teman Mama Happy bernama Tante Sanny. Suatu hari, Mama Happy, Kina, dan adik Kina, Rayi mengunjungi butik Tante Sanny. Di sana, selain melihat berbagai baju cantik, Kina juga bermain bersama Big Sis; kuda peliharaan keluarga Tante Sanny, Blanco, Soso, dan Jojo; juga si kambing rakus, Leah. Ada cerita dimana Kina terjatuh karena mencoba menarik daun untuk diberikan pada Leah si kambing. Banyak cerita seru lainnya yang ditulis Mama Happy, dimana terinspirasi dari kejadian sehari-hari yang dialami kedua anaknya, Kina dan Rayi.

Cerita Kina sendiri adalah buku anak pertama yang dibuat Mama Happy dan diilustratori oleh Heavenly Poetrysanny. Buku ini diterbitkan oleh Pocer For Kids, lini penerbitan buku anak dari Pojok Cerpen Grup, salah satu penerbit independen yang berdomisili di Yogyakarta. Pocer for kids merupakan ruang terbitan bagi cerita-cerita anak. Penerbit ini menerbitkan Cerita Kina pada Desember 2021.

Launching dan diskusi buku “Cerita Kina” dilakukan pada Selasa, 25 Januari 2022 via Zoom. Acara dimulai dengan pemutaran video proses kreatif penulisan Cerita Kina oleh Mama Happy. Lalu, MC Andhita Rizkya membuka secara resmi, dilanjutkan dengan pembacaan fragmen “Cerita Kina” oleh Kak Reza Rahadian, Ibu Christine Hakim, dan musikalisasi fragmen oleh pendongeng Rona Mentari.

“Sebenarnya, anak-anak bisa mempelajari nilai-nilai tertentu, lewat peristiwa yang dialami mereka sehari-hari. Misal, bagaimana cara anak bisa memecahkan masalah ataupun hal lainnya. Menurut saya, buku “Cerita Kina” ini bisa mengisi hari-hari  anak Indonesia di tengah gempuran teknologi yang begitu maju,” ujar Kak Reza.

Setelah membaca buku “Cerita Kina” Ibu Christine merasa banyak nilai-nilai positif yang bisa didapatkan anak-anak. “Menceritakan bagaimana kedekatan Mama dengan anak perempuannya. Ada pula cerita baju pengantin dimana terselip edukasi kebudayaan mengenal baju-baju adat Indonesia. Buku “Cerita Kina” ringan namun memberikan nilai edukasi yang sangat positif sekali,” kata Ibu Christine.

Foto: Ist

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *