Buah Anggur di Pohon Jambu

Biasanya, buah anggur tumbuh bergerombol di ranting pohon. Tapi, ada yang berbeda dengan buah anggur yang satu ini. Buah-buah anggur ini tumbuh dengan menempel di batang pohonnya yang besar. Wah, unik sekali!

Anggur Brazil atau dikenal juga dengan nama anggur batang, berasal dari negara Brazil, Kids. Pohon ini tumbuh besar dengan buahnya yang menempel di batang pohon berwarna hitam. Walaupun kulit buahnya berwarna ungu tua atau hitam, tapi, daging buahnya berwarna putih dan manis, lho.

Bukan Anggur
Buah “anggur” ini sebenarnya adalah buah jaboticaba. Lalu, kenapa disebut anggur, ya? Buah jaboticaba disebut anggur karena buahnya sangat mirip anggur. Padahal, tanamannya tumbuh tegak, tidak merambat seperti pohon anggur, dan lebih mirip pohon jambu. Bisa dibilang seperti buah anggur yang tumbuh di pohon jambu. Lucu, ya?

Perlu Sabar
Buah jaboticaba berwarna hijau ketika masih muda dan menempel di batang-batang pohon. Setiap awal musim hujan, seperti bulan Oktober, pohon ini akan panen besar. Namun, butuh kesabaran yang tinggi kalau kalian ingin menikmati buah dengan tujuh rasa ini. Karena, baru akan berbuah setelah berumur 10—12 tahun.

Pohon jaboticaba bisa kalian temui di Kebun Raya Bogor dan Cibodas, Kids. Jadi, kalau kalian penasaran, bisa ajak orang tua untuk jalan-jalan ke Bogor dan melihat sendiri pohon buah yang sudah ada sejak masa penjajahan Belanda di Indonesia itu. (Asri/Novi/Foto: Istimewa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jangan lupa beli edisi terbaru yaa...