Kids, ternyata, negara Cina tidak mau kalah dengan Amerika Serikat, lho. Bahkan, soal boneka sekali pun. Boneka Barbie yang sudah terkenal di penjuru dunia memang berasal dari Amerika Serikat. Nah, Cina juga meluncurkan boneka yang menggambarkan kebudayaannya sendiri.

Nama boneka itu adalah Fisimi. Kata “Fisimi” berasal dari bahasa Mandarin yang terdiri dari dua kata, yakni “Fi” dan “Minzu”. Fi artinya fifty six (lima puluh enam) yang menandakan jumlah 56 kelompok suku yang ada di Cina. Sedangkan, Minzu artinya adalah Suku.

Kata “Fisimi” dalam bahasa Mandarin berarti berkah atau berbagi keberuntungan. Boneka Fisimi dibuat agar anak-anak Cina mengenal sekaligus menyukai kebudayaan tradisional dari dalam negeri.

Lihat saja penampilan Fisimi! Boneka ini berbentuk gadis cilik berambut panjang dengan pakaian tradisional Cina. Selain itu, Fisimi juga memakai kalung-kalung yang merupakan aksesoris asli Cina.

Dengan tinggi boneka sekitar 40 cm, Fisimi memang hampir mirip dengan boneka Barbie. Tapi, dengan mengenakan pakaian tradisional asli Cina. Sekilas, wajah Fisimi juga mirip dengan Mulan, tokoh kartun gadis cilik asal Cina yang pernah muncul beberapa waktu lalu. Nah, kalau boneka ‘Barbie’ asli Indonesia mana, ya?

Foto: Istimewa

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *