Tanya : Halo namaku Mischa, usiaku 12 tahun. Aku pernah minum vitamin C yang dilarutkan dalam air milik ayahku. Bolehkah anak seusiaku minum vitamin untuk orang dewasa. Apakah ada bahayanya? Terima kasih. Mischa, Kelas 6 SD – Malang

Jawaban dokter Putu:
Hai Mischa. Terima kasih pertanyaannya, ya. Vitamin yang diminum Papa Mischa pasti menarik sekali ya, jadi Mischa penasaran untuk mencobanya. Vitamin dan mineral tambahan (yang didapat bukan dari makanan) biasanya memiliki dosis tertentu. Dosisnya biasanya ditentukan oleh usia dan berat badan. Dosis vitamin C untuk anak-anak seumur Mischa biasanya antara 45-100 miligram/hari. Dosis itu, sekitar 1/10 hingga 1/5 dosis yang Papa Mischa minum.
Mischa boleh pilih vitamin C yang sesuai dengan kebutuhan Mischa atau lebih baik lagi kalau Mischa mendapatkan langsung vitamin C dari buah-buahan dan sayuran segar, seperti jeruk, stroberi, jambu merah, paprika, brokoli, atau tomat. Buah apa yang banyak di Malang? Apel Malang juga kaya vitamin C, lho! Tante Dokter suka sekali minum jus apel Malang waktu dulu jalan-jalan ke sana. Sehat selalu ya, Mischa. Semoga jawabannya membantu.

Konsultan :

dr. A. A. A. Putu Indah Pratiwi, Sp.A
Dokter Spesialis Anak
RS Pondok Indah – Bintaro Jaya

(Ilustrasi : Agung)

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *