Tanya: Namaku Shasa, usiaku 8 tahun. Setiap ke mall, Kakak aku selalu beli kopi kekinian. Tiap kali aku minta dibelikan, Kakak selalu melarang. Katanya, anak kecil belum boleh minum kopi, nanti bisa sakit perut. Aku disuruh beli es cokelat atau jus. Sebenarnya, usiaku sudah boleh belum sih minum kopi? Benarkah kopi bisa bikin sakit perut? Terima kasih. Shasa, Kelas 3 – Jakarta Selatan 

Jawab : Saat ini semakin banyak orang yang minum kopi. Rasa asli kopi adalah pahit, namun sekarang kopi banyak disajikan dengan gula dan tambahan susu sehingga rasanya manis dan enak. Kafein, zat yang terkandung dalam kopi dapat meningkatkan konsentrasi, daya ingat, dan kerja otak. Mengonsumsi kopi yang dianjurkan bagi orang dewasa tidak lebih dari 1 sampai 2 gelas sehari. Namun, dampak mengonsumsi kopi pada usia anak-anak masih belum banyak diteliti.

Mengonsumsi kopi sebaiknya dibatasi karena selain dapat mengakibatkan sakit perut, mual dan muntah, juga dapat membuat jantung berdebar-debar dan sulit tidur, akhirnya dapat membuat Sasha mengantuk keesokan harinya di sekolah.  Jadi, batasi minum kopi ya, sesekali mencoba minuman kopi kakak, ayah, atau ibu boleh saja, namun tidak untuk diminum satu gelas penuh, ya. Hati-hati juga supaya tidak terlalu banyak minum minuman manis karena membuat tubuh tidak sehat.

Konsultan:

dr. Fransiska Farah, Sp. A, M.Kes
Dokter Spesialis Anak
RS Pondok Indah – Bintaro Jaya

(Ilustrasi : Agung)

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *