Sinar matahari memiliki banyak manfaat bagi tubuh, tetapi juga sangat berbahaya jika terpapar terlalu lama. Ini dikarenakan sinar matahari mengandung ultraviolet yang tidak tampak oleh mata dan sangat berbahaya.

Lalu, kapankah sinar matahari yang bagus untuk tubuh? Sinar matahari yang harus kita manfaatkan adalah sinar matahari pada pagi hari. Mulai dari matahari terbit, hingga pukul sepuluh pagi.

Tubuh kita seperti wajah, leher, dan tangan, hanya perlu mendapatkan sinar matahari sekitar 10 menit. Hal ini sudah dapat untuk membantu metabolisme tubuh dan membantu penyerapan kalsium oleh tubuh. Namun, tubuh juga tidak boleh sama sekali tidak mendapatkan sinar matahari, karena akan menghambat metabolisme tubuh.

 

Manfaat Sinar Matahari

  1. Vitamin D → Sinar matahari menghasilkan vitamin D yang dibutuhkan tubuh untuk membantu penyerapan kalsium dalam usus, transfer kalsium guna melintasi membran sel saat pembentukan tulang.
  2. Serotonin →Sinar matahari akan merangsang produksi serotonin (membuat perasaan senang, bahagia) semakin tinggi serotonin yang dihasilkan tubuh, maka suasana hati akan semakin positif.
  3. Sinar matahari dapat memperlancar sirkulasi darah sehingga darah bisa membawa lebih banyak nutrisi dan oksigen ke sel-sel tubuh. Hal ini juga yang membuat jantung sehat dan menurunkan tekanan darah.
  4. Paparan sinar matahari yang tidak berlebihan, dapat mencegah diabetes pada anak-anak serta menurunkan kadar gula darah karena sinar matahari merangsang penyimpanan glukosa dalam otot dan hati.
  5. Sinar matahari akan merangsang tubuh untuk memproduksi lebih banyak sel darah putih yang membantu menangkal infeksi dan penyakit yang diakibatkan oleh bakteri dan jamur.

 

Efek Negatif

Salah satu efek negatif terpapar sinar matahari terlalu banyak pada siang hari adalah sunburn. Sunburn adalah luka bakar tingkat pertama pada kulit manusia karena sinar ultraviolet matahari. Teman-teman yang sering bermain pada siang hari, tentunya sering mengalami hal ini.

Ciri-ciri sunburn adalah; kemerahan pada kulit yang terpapar matahari, panas ketika disentuh, dan nyeri ringan pada lapisan luar kulit. Bila kondisi ini terus berlangsung berhari-hari, akan menyebabkan kulit melepuh seperti halnya luka bakar hingga menyebabkan infeksi.

Cara mengatasi sunburn pada tingkat awal adalah mengompres kulit dengan menggunakan air dingin atau mengoleskan krim pelembab pada area kulit yang mengalami sunburn.

 

Tips Aman di Bawah Matahari

  • Hindari berada di bawah sinar matahari langsung pada pukul 10.00 hingga 16.00
  • Tutupi tubuh dengan jaket atau topi bila beraktivitas di luar ruang pada siang hari
  • Biasakan selalu menggunakan tabir surya untuk menghindari tubuh mengalami

 

 

 

Ilustrasi: JFK

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *