“Ma, bosen nih!” ujar Debby sambil merengut.  

Ups, si kecil sudah mulai mengeluh dan merengek, waktunya Moms harus putar otak membuatnya kembali ceria. Ya, situasi pandemi yang belum berakhir ini memang membuat anak lebih banyak di rumah. Rutinitas yang sama sedikit banyak akan membuat mereka jenuh dan bosan. Tentunya kita kita nggak mau si kecil malah stres, ya, Moms.

Salah satu cara ampuh untuk mengusir kebosanan adalah dengan bermain. Namun, nyatanya tak segampang itu. Banyak orangtua kesulitan memikirkan permainan yang menarik untuk si buah hati, agar ia tetap tertarik. Di sinilah, kreativitas orangtua menjadi sangat penting.

Dikatakan oleh Psikolog Anak dan Remaja, Vera Itabiliana Hadiwidjojo, kreativitas bisa muncul dari berbagai macam situasi dan stimulasi. “Mulai dari orangtua yang menstimulasi anak lewat pertanyaan, misalnya, main apa kita hari ini? Nah, itu adalah pertanyaan terbuka yang bisa merangsang kreativitas anak juga. Lalu, orangtua juga bisa mencontohkan ide-ide permainan, misalnya membuat mainan dari barang bekas. Dari sana, anak-anak akan belajar dari meniru apa yang dicontohkan orangtua,” urai Vera di sela-sela acara virtual Paddle Pop #MainYuk yang bertepatan dengan Hari Bermain Sedunia, Jumat (28/5) lalu.

(kiri – kanan) Memoria Dwi Prasita, Head of Marketing Ice Cream Unilever Indonesia; Vera Itabiliana Hadiwidjojo, Psikolog Anak dan Remaja dan Diana Rikasari, Perancang Busana dan Penulis dalam acara konferensi pers Paddle Pop # Main Yuk

Lebih lanjut ia mengatakan, kreativitas juga bisa datang ketika anak dibebaskan untuk bermain.  “Ketika anak bermain sendiri, itu sebenarnya dia juga mendapat kesempatan untuk lebih mengeksplor apa yang terjadi dalam pikiran dia, imajinasi dia. Sebagai orangtua, ketika anak mendapat imajinasi tertentu dan ketika dia melakukannya, misalnya “Ma aku mau bikin kacamata selam dari botol” maka orangtua hendaknya memberikan kesempatan dan mendukung anak,” ujarnya.

Tak lupa Vera menganjurkan agar para ibu memberikan respons positif setelah anak menerapkan imajinasinya secara nyata. “Katakan padanya, oh ini bagus ya, misalnya. Itu merupakan suatu bentuk apresiasi kita terhadap apa yang dia lakukan. Anak-anak jangan dibatasi, kalau dibatasi maka kreativitasnya akan susah muncul,” imbau Vera.

Hal ini diaminkan oleh Memoria Dwi Prasita, Head of Marketing Ice Cream Unilever Indonesia. “Paddle Pop percaya bahwa banyak hal baik bermula dari bermain. Untuk itu, kami tidak hanya ingin menghadirkan es krim yang disukai oleh anak-anak, melainkan juga menghadirkan es krim yang menarik dari segi bentuk, warna, sehingga memancing anak untuk berimajinasi,” katanya.

Atas dasar stimulasi itu pula, Paddle Pop Indonesia  menghadirkan serangkaian pilihan aktivitas bermain yang bermanfaat untuk mengisi liburan sekolah di bulan Juni ini. Salah satunya dengan menghadirkan program Paddle Pop #MainYuk Seaventure dengan menggandeng Jakarta Aquarium & Safari. Di sini, konsumen bisa menikmati wisata virtual dunia bawah laut secara gratis. Selain wisata virtual, ada pula ie bermain dari Playdate, kuis berhadiah, kompetisi foto dan banyak lagi yang menarik. Moms bisa mendapatkan infonya di www.paddlepopmainyuk.com.

#MainYuk Seaventure telah berlangsung sejak bulan April hingga Juni 2021. Untuk bisa mengikuti wisata virtual bawah laut, Moms dan si kecil harus membeli dulu 4 buah es krim Paddle Pop rasa apa saja di Alfamart/Alfamidi/Indomaret. Lalu, struk pembelian es krim difoto dan dikirimkan melalui Whatsapp ke nomor 0858-1223-1223 untuk mendapatkan kode unik. Nantinya, kode unik yang Moms dapat dimasukkan ke website dan ikuti petunjuk selanjutnya. Dan horayyyyy, si kecil bisa menikmati wisata virtual bawah laut yang menyenangkan sambil belajar mengenal biota laut, yakni semua makhluk hidup yang ada di laut baik hewan maupun tumbuhan ataupun karang. Seru, ya!

Nah, kegiatan ini bisa banget menjadi alternatif bermain untuk mengusir kebosanan si kecil selama liburan sekolah di rumah. Selamat bermain!

Foto: Efa

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *