Moms, tak lama lagi tepatnya tanggal 21 April, kita akan memperingati Hari Kartini. Momen istimewa untuk mengenang dan menghormati perjuangan R.A. Kartini yang berjasa bagi perempuan di Indonesia ini, turut mendapat perhatian Shopee.

Untuk itu pada pada hari ini (18/04), Shopee merayakan Hari Kartini dengan menghadirkan tiga perempuan inspiratif sebagai narasumber dalam acara BincangShopee Big Ramadan Sale: Ekspresikan Diri Melalui Kreasi yaitu Marchella FP, Creativepreneur & Author; Jenny Jusuf, Scriptwriter & Content Creator; dan Tania Ray Mina, Co-Founder & Creative Director ZaskiaMecca.

Setiap orang memiliki potensi diri yang harus terus dikembangkan guna meningkatkan kualitas sebagai individu. Hal ini dapat dilakukan melalui cara apapun selama sesuai dengan minat, bakat, maupun kebutuhan masing-masing orang. Hal ini dipertegas oleh Jenny Jusuf. “Kita dapat melatih diri untuk berani mengekspresikan diri kita melalui kreasi apapun. Mau lewat tulisan, konten, ataupun karya lainnya. Apapun bentuk kreasinya, akan sangat berharga jika lahir dari tangan kita sendiri karena kita akan mampu memahami emosi yang terpendam dalam diri dan menuangkannya dengan cara yang positif. Alhasil, kita dapat mengelola setiap perasaan yang kita miliki dengan baik sehingga berdampak positif bagi kita dalam bersikap di kehidupan sehari-hari,” katanya.

Menurut Marchella FP, dalam berkreasi sangat penting bagi karya yang kita ciptakan untuk memiliki dampak positif bagi orang lain. Inspirasi untuk berkarya pun bisa datang dari berbagai sumber, termasuk ketika kita bertemu dengan hal menarik di keseharian kita dan melihat  perilaku masyarakat sekitar, “Dalam menciptakan sebuah karya, membuat sebuah cerita yang relevan dengan kehidupan masyarakat akan membuat semakin menarik untuk dibaca, dan tentunya banyak sekali isu-isu yang terjadi di sekitar kita yang dapat dikembangkan menjadi sebuah karya. Untuk langkah pertama, aku biasanya mengidentifikasi dulu isu apa yang ingin aku angkat. Berikutnya, aku akan melakukan riset, tujuannya agar aku bisa mendapatkan perspektif yang lebih luas dan karya yang aku ciptakan semakin relatable untuk orang banyak,” ucapnya.

Berbeda dengan Marchella dan Jenny yang lebih sering berekspresi melalui tulisan, Tania Ray Mina mengekspresikan dirinya melalui sepak terjangnya sebagai Co-founder dan Creative Director dari brand fashion muslim modern, ZaskiaMecca. Hal ini membuktikan banyak sekali peran yang mampu dijalankan oleh perempuan. Tania mengatakan, “Awal ZaskiaMecca didirikan, kami hanya kerja sama dengan salah satu department store. Tetapi aku merasa bahwa brand kami memiliki potensi agar bisa lebih berkembang dan dinikmati masyarakat luas, hingga akhirnya kami memutuskan untuk berjualan secara online dan bergabung di Shopee. Sejak awal, kami terus memanfaatkan fitur-fitur yang Shopee sediakan dan berpartisipasi dalam berbagai program serta kampanye yang Shopee hadirkan, tidak terkecuali dalam kampanye Shopee Big Ramadan Sale yang sedang berlangsung. Lewat kampanye ini, kami harap ZaskiaMecca dapat memberikan kemudahan untuk pengguna Shopee dan pelanggan setia ZaskiaMecca dalam semangat persiapan menyambut hari raya Idul Fitri dengan menyediakan rangkaian produk pakaian muslim modern yang berkualitas.”

Tak hanya sesi talkshow, BincangShopee Big Ramadan Sale “Ekspresikan Diri Melalui Kreasi” juga mengajak penonton untuk bergabung dalam workshop “Tuliskan Afirmasi Untuk Motivasi Diri” yang dipimpin oleh Jenny Jusuf. Afirmasi adalah sebuah pernyataan dalam bentuk kalimat positif yang dapat membantu kita mengatasi pikiran dan kepercayaan yang cenderung negatif. Jika dilakukan secara terus menerus dan berulang, afirmasi dipercayai akan membantu diri untuk memulai perubahan yang positif dalam hidup.

Ada empat langkah-langkah melakukan afirmasi yang telah Shopee rangkum di bawah ini:
1. Pilihlah sebuah pikiran, emosi, atau kepercayaan negatif yang dimiliki tentang diri sendiri maupun situasi yang sedang dihadapi.
Di langkah pertama dalam menulis afirmasi untuk diri sendiri ini, Moms bisa memilih perasaan negatif yang sedang Moms rasakan atau telah terpendam untuk dijadikan dasar dari kata-kata afirmasi yang akan Moms buat.

2. Tuliskan sebuah kalimat berisi afirmasi positif dengan ketentuan sebagai berikut:

– Mulai kalimat dengan kata “Saya…” atau, “Aku…” Agar semakin personal dan mudah untuk diucapkan, Moms juga dapat menyesuaikan bahasa yang Moms gunakan dengan bahasa asal daerah Moms, ya!
– Karena bertujuan sebagai motivasi diri, pastikan kalimat yang Moms tulis hanya mengandung hal-hal yang positif. Hindari kata-kata yang berkonotasi negatif, seperti, “Tidak bisa,” “Tidak akan,” “Tidak yakin,” dan sebagainya.
– Jangan lupa, kalimat yang Moms tulis adalah pikiran, emosi, maupun kepercayaan yang sifatnya realistis dan dapat terwujud, hindari hal-hal yang berada di luar kapasitasmu atau bersifat fantasi. Contohnya, seperti “Aku yakin bisa melalui ini, walau akan terasa sulit, aku akan coba perlahan, terima kasih untuk diriku sudah kuat sampai saat ini.”

3. Setelah selesai menulis, visualisasikan dan ucapkan kalimat afirmasi-mu

Agar hasilnya lebih maksimal, Moms dapat membaca afirmasi yang telah Moms buat di depan cermin atau kamera ponsel. Tujuan dari langkah ini adalah agar Moms dapat seolah-olah berdialog langsung dengan diri sendiri, sehingga afirmasi yang diucapkan pun dapat diterima dengan lebih baik.

4. Ulangi afirmasi yang sama sebanyak dua kali sehari, pagi hari sebelum beraktivitas dan malam hari menjelang tidur

Apabila dilakukan secara konsisten dan berkesinambungan, afirmasi akan berfungsi seperti ‘olahraga dan gaya hidup sehat’ bagi pikiran dan perspektif kita. Perlahan namun pasti, pola pikir akan  mengalami perubahan positif sehingga membuat kita dapat berkembang menjadi pribadi yang lebih baik dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

Setelah mengetahui cara bagaimana menulis afirmasi diri, jangan lupa untuk mencari alat dan bahan yang dapat membantu Moms untuk berkreasi dan memberikan apresiasi kepada diri sendiri. Moms bisa memanfaatkan ragam promo menarik di puncak kampanye Big Ramadan Sale pada tanggal 20 April yang terdiri dari Gratis Ongkir Rp0 Semua Toko, Cashback 50% Setiap Jam, hingga Diskon s/d 90% untuk berbagai produk yang bisa Moms gunakan buat menemani rutinitas Moms selama bulan suci Ramadan. Selain itu, untuk memenuhi berbagai kebutuhan Ramadan, manfaatkan promosi spesial ShopeePay Big Ramadan Deals yang hadir makin spesial pada promo puncak di tanggal 20 April dengan penawaran Voucher Cashback Rp1, Minimarket Pasti Diskon, hingga Cashback 100% Seharian !

“Kami percaya, Sobat Shopee sekalian pasti memiliki keunikan dan potensi berharga dalam diri masing-masing. Penting untuk kita dapat mengekspresikan hal itu agar dapat mengembangkan  diri menjadi versi yang lebih baik lagi kedepannya, terlebih mendapatkan keberkahan selama mensucikan diri di bulan Ramadan,” tutup Putri Lukman, Head of FMCG Shopee Indonesia.

Foto: Efa

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *