Tak hanya saat wabah corona saja, Kids. Kebiasaan cuci tangan hendaknya selalu kalian lakukan. Tak hanya saat sebelum makan atau dari kamar mandi saja, tapi juga setelah bermain ataupun dari luar rumah.

Tapi, cukupkah jika kita hanya mencuci tangan dengan air saja? Haruskah juga menggunakan sabun? Ataukah cukup hanya dengan hand sanitizer? Yuk, kita bahas!

Air Saja Cukup?

Tidak cukup baik. Hal itu dikarenakan kuman seperti bakteri dan virus, bisa menempel pada minyak alami (sejenis lemak) di kulit kita. Mencuci tangan hanya menggunakan air alias tanpa sabun, tidak membuat kuman terlepas dari kulit, karena air dan minyak tidak bisa bercampur. Nah, sabun diperlukan agar kuman bisa terlepas dari kulit kita, Kids!

Apa Itu Sabun?

Seperti kita ketahui, sabun terbuat dari beberapa jenis lemak atau minyak, air, serta beberapa jenis zat alkali seperti garam. Kadang ditambahkan juga sedikit parfum atau warna. Ketika lemak dan bahan alkali dicampur bersama dengan bantuan air, ada reaksi kimia yang disebut saponifikasi. Nah, sabun adalah hasilnya!

Molekul-molekul sabun memiliki ujung yang menyukai air dan ujung yang menyukai minyak. Jika kita mencuci tangan dengan sabun, molekul-molekul sabun bertindak sebagai penghubung antara air dan minyak di kulit kita. Itulah mengapa saat kita mencuci tangan dengan sabun dan membilasnya, akan mengangkat minyak dari kulit sekaligus membawa kuman.

Bagaimana dengan Virus COVID-19?

Menurut para ilmuwan yang telah melihat partikel virus COVID-19 di bawah mikroskop, setiap partikelnya memiliki lapisan molekul lemak. Nah, saat kita mencuci tangan dengan sabun, pelapisnya hancur sehingga menghancurkan partikel virus-nya.

Bagaimana dengan Hand Sanitizer?

Umumnya, hand sanitizer (pembersih tangan) dibuat dengan menggunakan bahan kimia yang disebut etanol (suatu bentuk alkohol). Agar bisa membunuh kuman seperti virus, pembersih tangan harus mengandung alkohol minimal 60 persen. Alkohol pun bisa membunuh partikel virus seperti halnya sabun. Tapi, kita harus merendam setiap bagian tangan secara menyeluruh dengan sanitizer. Itulah mengapa semprotan ataupun gel sanitizer tidak bisa cukup menyeluruh.
Namun, jika tidak memungkinkan mencuci tangan dengan sabun dan air, pembersih tangan pun bisa bermanfaat.

Foto: Ist

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *