Tanggal 28 Oktober diperingati sebagai Hari Sumpah Pemuda. Nah, dalam rangka mendukung program pemerintah, BaBe, platform berita, mengadakan serangkaian kegiatan untuk turut menyebarkan semangat “Bangkit dan Berjuang.”

Salah satunya adalah kegiatan diskusi online dengan tema “Piala Dunia U-20 2021, Panggung Anak Muda Indonesia.” Acara yang dihadiri khusus oleh Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia, Bapak Zainuddin Amali dan Bapak Mochammad Iriawan, Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI), legenda sepakbola tanah air, Bapak Kurniawan Dwi Yulianto serta Ibu Shelly Tantri, Head of Business Development Manager BaBe ini digelar pada Selasa, 27 Oktober 2020.

“Saat pandemi melanda, semua kompetisi olahraga terhenti. Banyak event olahraga yang dimundurkan seperti PON dari tahun 2020 mundur ke 2021, Olimpiade dan Paralimpic juga mundur dari 2020 ke 2021. Nah, setelah normal baru, ada beberapa cabang olahraga yang ikut latihan di pelatnas termasuk VIVA World Cup 2021. Kita latihan mandiri dan dipandu virtual. Lalu kita kirim ke Kroasia. Sekarang pelan-pelan mulai dibuka,” terang Menpora, Bapak Zainuddin Amali.

Berdasarkan data dari BaBe, topik mengenai sepakbola masih digemari sepanjang tahun 2020, meskipun di bulan Maret hingga Juni tidak ada pertandingan yang diadakan. Konten mengenai sepakbola yang paling digemari pengguna BaBe adalah artikel tentang hasil pertandingan dan sepak terjang pemain Indonesia di luar negeri. Selain itu, berita ringan soal sepakbola juga masih sering dicari oleh pengguna BaBe.

Shelly Tantri, Head of Business Development BaBe

“Melihat data tersebut, ungkapan yang mengatakan bahwa sepakbola menjadi alat pemersatu bangsa itu menjadi sangat terasa. Piala Dunia U-20 menjadi sesuatu yang ditunggu-tunggu oleh masyarakat, dan menjadi panggung Indonesia, khususnya generasi muda, untuk tampil dan mengembangkan kemampuannya. Sebagai platform digital untuk beragam konten, kami berharap dapat terus menyajikan informasi inspiratif yang dapat memberikan semangat kepada pembaca lain, terutama kepada generasi muda,” kata Ibu Shelly Tantri dari BaBe.

“Peran generasi muda ini sangat signifikan dalam kemajuan suatu bangsa, dan Kemenpora RI telah mempersiapkan program prioritas tahun 2020-2024, yang fokus pada kepemudaan yang memiliki daya saing. Penyelenggaraan Piala Dunia U-20 tahun depan menjadi momentum yang pas bagi kita semua untuk bersatu dan bangkit, sesuai dengan tema Hari Sumpah Pemuda tahun ini,” tandas Menpora, Bapak Zainuddin Amali. “Kami mengapresiasi BaBe atas dukungannya kepada pemberdayaan pemuda Indonesia melalui diskusi ini, dan berharap bisa menjadi pemantik semangat generasi muda Indonesia,” tambahnya.

Mochammad Iriawan, Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI)

“Penyelenggaraan Piala Dunia U-20 ini menjadi kesempatan bagi pemain muda untuk mengasah daya saing mereka, serta melihat kemampuan tim dari 24 negara lainnya. Kami senang sekali melihat antusiasme dan dukungan masyarakat, termasuk dengan diadakannya diskusi BaBe ini, terhadap persiapan para pemain. Harapan kami, para pemain muda ini dapat berkembang dan menginspirasi generasi muda lainnya,” dukung Bapak Mochammad Iriawan dari PSSI.

Bapak Kurniawan Dwi Yulianto, legenda sepakbola Indonesia yang sudah berlatih secara profesional sejak usia belasan tahun, ikut mengenang kembali pengalamannya selama ia menjadi pemain muda di tim nasional. “Satu momen yang paling berpengaruh dalam karir sepakbola saya adalah ketika berlatih dan bertanding di negara lain, dimana kami harus berjuang sebaik mungkin. Diskusi hari ini bersama BaBe semoga dapat menghasilkan suatu gagasan baru agar para pemain muda tetap bisa mengasah kemampuannya di tengah kondisi yang berbeda,” ucapnya.

Legenda sepakbola tanah air, Kurniawan Dwi Yulianto

“Kita dorong betul cabor untuk mempersiapkan sebaik-baiknya. Apalagi olimpiade 2032 kita juga akan menjadi tuan rumah. 12 tahun lagi, waktu yang singkat untuk kita melakukan persiapan. Piala Dunia tahun depan kesempatan luar biasa bagi kita karena belum tentu 20 tahun lagi kita terpilih menjadi tuan rumah. Sekarang kita gunakan sebaik-baiknya. Penonton tidak hanya para penggemar sepakbola tapi juga pemandu bakat dari berbagai negara. Kesempatan anak-anak kita di timnas untuk memperlihatkan performa. Siapa tahu mimpi bermain di klub-klub elit luar negeri, bisa tercapai,” tutup Menpora.

Selain diskusi hari ini, BaBe juga mempersiapkan serangkaian kegiatan di dalam aplikasi BaBe untuk menyambut diselenggarakannya Piala Dunia U-20 2021, antara lain acara Bincang BaBe 1 on 1 dengan berbagai mantan pemain tim nasional dan tokoh penting di industri sepakbola Indonesia, mengajak pengguna BaBe untuk memberikan dukungan kepada tim nasional atau pemain idola di Piala Dunia U-20, dan berbagai kegiatan lain yang dapat membangkitkan semangat nasionalisme antar sesama.

Foto: Ist

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *