Coba perhatikan, Kids, di setiap bungkus obat, biasanya terdapat simbol berwarna-warni. Nah, ternyata, simbol tersebut ada artinya, lho. Sebaiknya kita memahami arti dari simbol itu, supaya obat yang kita konsumsi, benar-benar aman.

Banyak sekali obat yang beredar di pasaran. Namun, kita tidak boleh mengonsumsi obat tanpa resep dokter, Kids. Sebaiknya, periksakan tubuhmu, agar dokter bisa memberikan obat yang tepat. Ingat, obat orang dewasa tidak bisa sembarangan diminum oleh anak-anak, walaupun sakitnya hampir sama. Tersedia obat khusus untuk anak yang tentunya dengan dosis (takaran) yang pas.

Ada cara untuk melihat apakah obat tersebut aman dikonsumsi atau tidak untuk kita. Salah satunya adalah dengan melihat kandungan obat pada kemasannya. Biasanya, pada kemasan obat terdapat simbol khusus yang menandakan apakah obat tersebut bisa dikonsumsi tanpa resep dokter atau tidak.

Lingkaran Hijau

Simbol ini menandakan golongan obat bebas. Artinya, obat ini bebas dibeli di pasaran dan dikonsumsi tanpa resep dokter. Seperti; parasetamol (penghilang sakit) dan vitamin.

Lingkaran Biru

Obat-obatan dengan simbol ini menandakan obat bebas terbatas. Maksudnya adalah, obat keras yang bebas dijual di pasaran, namun penggunaannya harus sesuai dengan petunjuk yang ada pada kemasannya. Seperti obat batuk dan demam.

Lingkaran Merah

Nah, jika kamu menemukan obat dengan simbol ini, kamu harus berhati-hati, Kids. Karena obat ini tidak boleh dikonsumsi sembarangan. Biasanya, dalam simbol merah tersebut akan ada huruf K, yang artinya obat keras dan harus menggunakan resep dokter.

Foto: Istimewa

You may also like
Latest Posts from

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *