Sakatonik ABC Ajak Anak #BerjemurAsyik Sambil Bereksplorasi dengan Virtual Gym

Apa yang kalian lakukan selama masa social distancing ini, Kids? Walau sekolah diliburkan dan dianjurkan tinggal #dirumahaja, bukan berarti kita berdiam diri. Justru di tengah penyebaran pandemi COVID-19 yang sudah merebak luas di Indonesia, kita perlu meningkatkan daya tahan tubuh agar tak mudah terserang penyakit.

Salah satu aktivitas mudah, murah dan tentunya bermanfaat bagi kesehatan dan memperkuat daya tahan tubuh adalah dengan berjemur. Menurut dr. Caessar Pronocitro, Sp.A, FM.Sc, Dokter Spesialis Anak, aktivitas berjemur anak di bawah pukul 10 pagi banyak manfaatnya. Karena kandungan sinar ultraviolet B (UVB) yang kemudian akan membentuk vitamin D dalam jumlah besar akan langsung disalurkan untuk meningkatkan daya tahan tubuh, penyerapan kalsium dan pertumbuhan tulang.

Cara Berjemur yang Tepat

“Berjemur aman sebaiknya di bawah pukul 10 pagi. Untuk durasi berjemurnya dapat dinaikkan bertahap dari 5 menit sampai 15 menit. Lakukan 2 hingga 3 kali dalam seminggu. Untuk mendapatkan sinar UVB tersebut, biarkan daerah kedua lengan dan tungkai (kaki) terbuka sehingga terkena paparan sinar matahari. Sementara area tubuh seperti kepala dan leher sebaiknya tetap dilindungi dengan topi dan tabir surya, terutama pada usia anak-anak,” terang dr. Caessar pada konferensi pers online bertajuk “Peluncuran Aktivitas #Berjemur Asyik Bersama Sakatonik ABC”.

Ia tidak menganjurkan untuk berjemur di atas pukul 10 pagi. “UV index atau tingkat kekuatan radiasi sinar matahari di atas jam 10 cukup tinggi sehingga tidak dianjurkan. Berjemur di atas pukul 10 hingga jam 2 siang, akibatnya kulit bisa terbakar, terjadi penurunan imunitas hingga berisiko timbul kelainan kulit,” katanya.

Untuk membuat aktivitas berjemur kamu menyenangkan, kalian bisa bereksplorasi dengan virtual gym. Apa itu? “Virtual Gym adalah aktivitas tubuh virtual sehingga anak dapat sekaligus membayangkan sambil bereksplorasi melatih motorik nya saat memvisualisasikan aktivitas tersebut,” papar Dr. Zeth Boroh, Sp.KO, Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga.

Bugar dengan Virtual Gym

Jadi, tak hanya mendapatkan vitamin D alami dari sinar matahari pagi, kalian juga bisa sekaligus melatih ketahanan fisik. Virtual gym #BerjemurAsyik yang turut dirancang oleh Dr. Zeth ini dikemas dalam aktivitas menyenangkan. “Di sini anak diajak untuk melakukan gerakan olahraga ringan, seperti seperti streching (perenggangan) dinamik dilanjutkan dengan 4 gerakan olahraga kardio yakni bersepeda, mendayung, skating dan berenang. Jadi, anak diajak menggerakkan lengan dan tungkai sambil berimajinasi seolah-olah melakukan aktivitas olahraga tersebut,” katanya.

Gerakan mendayung dalam aktivitas Virtual Gym

Menurut Dr. Zeth, virtual gym #BerjemurAsyik ini dirancang untuk anak usia 2 hingga 12 tahun dan aman dilakukan bahkan di tengah-tengah menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan.

“Gerakan ini intensitasnya ringan hingga sedang sehingga dijalankan pada saat ibadah puasa, pun tak masalah. Manfaat yang didapat anak dengan melakukan virtual gym secara tepat adalah memperbaiki /meningkatkan fleksibilitas atau kebugaran jasmani anak, meningkatkan kekuatan otot, menghindari cedera otot, melatih otot jantung dan paru, meningkatkan imunitas dan tentunya menstimulasi motorik anak,” ungkapnya panjang lebar.

Selama berjemur, ia tidak menganjurkan anak-anak untuk melakukan gerakan olahraga intensitas tinggi karena akan menyebabkan kelelahan berlebih dan justru bisa menurunkan daya tahan tubuh.

“Gerakan virtual gym ini dapat dilakukan 1 hingga 2 set saja atau sekitar 5 sampai 10 menit sambil berjemur,” sambungnya lagi.

Sakatonik ABC sebagai vitamin anak Indonesia untuk mendukung daya tahan tubuh anak, ikut mengajak dan memfasilitasi aktivitas #BerjemurAsyik sambil bereksplorasi dengan Virtual gym. “Kami sangat mengerti bahwa dimasa pembatasan beraktivitas di luar rumah ini para orang tua dituntut untuk lebih kreatif dalam bereksplorasi untuk kebutuhan anaknya. Harapan kami aktivitas ini juga dapat membantu anak-anak untuk beraktivitas yang menyenangkan dan juga menyehatkan,” ujar dr. Helmin Agustina Silalahi, Medical Manager dari Kalbe Consumer Health.

dr. Helmin Agustina Silalahi, Medical Manager dari Kalbe Consumer Health

Asupan Nutrisi Seimbang

Dr. Caessar menambahkan, untuk menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh secara maksimal apalagi di masa Covid-19 ini, selain dari vitamin D yang bersumber dari sinar matahari perlu didukung juga dengan vitamin B kompleks lain, yang dapat diperoleh dari asupan makanan bergizi yang mengandung vitamin A, B, C, dan E serta kandungan nutrisi pendukung lainnya.

Contohnya, sumber vitamin A (wortel, bayam, kangkung, kuning telur), vitamin B (ikan tuna, hati, ayam, pisang), vitamin C (kiwi, jambu, pepaya, stroberi, jeruk), vitamin D (ikan kembung, sarden, susu) dan vitamin E (minyak jagung, kedelai, kanola, kelapa).

Sayangnya, dituturkan oleh dr. Helmin, masih sedikit anak-anak yang mengonsumsi makanan yang mengandung serat, seperti sayur dan buah-buahan.

Mengutip data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2018 mengatakan 95,5% konsumsi serat penduduk Indonesia untuk usia di atas 5 tahun masih terbatas. Ini karena anak tidak dibiasakan oleh orangtua untuk makan serat.

“Agar daya tahan tubuh anak dapat optimal dan meminimalisir virus yang masuk ke dalam tubuh, yang utama dan perlu diperhatikan adalah asupan nutrisi seimbang. Jangan lupa makan sayur dan buah karena itu sumber serat. Makanlah 5 porsi sehari. Tetap lakukan pula olahraga dengan virtual gym dan berjemur. Jika memang anak kurang mendapatkan asupan nutrisi dari makanan, bisa didukung dengan suplemen,” katanya.

Sakatonik ABC hadir untuk melengkapi asupan multivitamin pelengkap bagi anak di samping makanan bergizi. Terdiri dari 2 varian yakni tablet hisap dan kunyah (gummy) dengan berbagai rasa buah dan sayur yang disukai anak-anak.

Yuk, Kids, tetap jaga daya tahan tubuh kita di masa pandemi COVID-19 ini dengan berjemur asyik sambil melakukan virtual gym dan mengasup nutrisi seimbang.

Ilustrasi: Novi Chrisna   Foto: Istimewa

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *