Seperti Indonesia, negara Tiongkok juga memiliki permainan tradisional yang khas. Yuk, kita kenali, Kids!

  1. Xiangqi

Permainan papan asli dari Tiongkok ini sering disebut “catur gajah”. Bidak dalam permainan ini, memiliki istilah tersendiri, Kids. Di antaranya, Jiang/Shuai (jenderal), Shi (penasehat), Xiang (gajah/menteri), Ma (kuda), Ju (banteng), Pao (meriam), dan Ping/Zu (prajurit).

  1. Mahyong

Permainan ini untuk empat orang yang menggunakan keping kad atau balok tebal. Dalam satu set mahyong terdiri atas 108 balok dan 36 balok tambahan. Ada tiga jenis mahyong dalam satu set, yaitu Bing, Tiao, dan Wan. Setiap jenis bergambar bunga diberi nomor satu sampai sembilan. Cara bermainnya dengan membentuk kombinasi biji Mahyong sebanyak 14 biji. Pemenangnya adalah peserta yang paling cepat mengumpulkan 14 biji buah Mahyong ini, Kids.

  1. Yoyo

Kalau permainan yang satu ini cukup populer hampir di seluruh dunia. Terdiri dari dua cakram atau lempengan berukuran sama yang dihubungkan dengan satu sumbu. Di sumbu itu terikat tali yang berfungsi untuk memainkan cakram dengan tangan kita. Ada beberapa teknik dalam permainan yoyo, yakni putar bawah (slepping), lompatan (looping), dan Off-string.

  1. Bolanggu

Bolanggu merupakan sejenis mainan drum getar kecil yang memiliki dua permukaan. Di tepinya terdapat dua tali pendek yang mengikat dua biji bola kayu. Ketika digoyangkan, kedua biji bola kayu mengenai permukaan drum sehingga menghasilkan bunyi. Di masa lampau, mainan ini digunakan untuk menarik pembeli, Kids.

  1. Go

Permainan ini juga bisa disebut igo, weiqi atau baduk. Merupakan permainan papan strategis antar dua pemain. Terdiri dari papan bergaris dan biji-bijian sebagai bidak. Tujuan dari permainan ini adalah menguasai titik (wilayah) kosong.

Tertarik untuk memainkan salah satunya, Kids? Hehehe…

Foto: Istimewa

You may also like
Latest Posts from

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *