Tanya: Halo namaku Maisha, usiaku 8 tahun. Sebenarnya aku tidak terlalu suka makan wortel, tapi Mama selalu menyuruhku makan wortel, katanya agar mataku sehat. Benarkah, dok? Selain wortel, makanan apa yang bisa membuat mata jadi sehat? Maisha, Kelas 2 – Bandung

Jawaban dari Dokter Dian:

Halo Maisha, betul sekali kata Mamamu, wortel banyak mengandung Vitamin A yang sangat dibutuhkan oleh lapisan saraf mata (retina) untuk membuat mata menerima cahaya dengan baik. Selain itu, Vitamin A juga penting untuk menjaga kejernihan dan kehalusan permukaan mata sehingga kita bisa melihat dengan jelas.

Vitamin A tidak hanya terkandung dalam wortel saja, kok. Tomat, brokoli, bayam, pepaya, mangga adalah beberapa contoh buah dan sayuran lain yang mengandung Vitamin A. Sementara itu, jenis makanan lain yang sangat baik untuk mata, antara lain: ikan (banyak mengandung omega 3), kacang-kacangan (mengandung vitamin E), buah jeruk atau lemon (kaya akan vitamin C), daging merah (kaya akan Zinc), telur (kaya akan berbagai vitamin), dan jangan lupa banyak-banyak minum air putih, ya, untuk menjaga mata agar tetap lembab.

Konsultan:


dr. Dian Astriani, Sp.M
Dokter Spesialis Mata
RS Pondok Indah – Bintaro Jaya

(Ilustrasi : Agung)

You may also like
Latest Posts from

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *