Tanya : Salam kenal, namaku Rara, usia 12 tahun. Aku suka banget minuman boba, hampir setiap hari aku jajan minuman boba di sekolah. Kata Mama, aku tidak boleh terlalu sering minum dan makan boba, karena bisa sebabkan sembelit. Benarkah boba sebabkan sembelit? Rara, Kelas 6 – Depok

Jawaban dokter Frieda:
Boba adalah bulatan kecil berbahan dasar tepung tapioka yaitu tepung singkong atau tepung kanji. Boba belakangan ini sangat sering dikonsumsi sebagai bahan dari komposisi bubble tea atau boba milk atau teh susu mutiara, yaitu dengan bahan dasar teh, susu, dan boba. Bahan tepung tapioka ini membuat boba mudah saling menempel atau merekat satu sama lain, bahkan ketika sudah di dalam pencernaan, bila dikonsumsi dalam jumlah banyak. Sehingga mungkin saja terjadi konstipasi atau sembelit jika mengonsumsinya secara berlebihan.

Kadang ada zat tertentu yang ditambahkan dalam bubble tea. Kandungan ini disebut guar gum, yakni serat yang membantu menyatukan boba. Kandungan ini akan mengembang ketika bertemu dengan air, sehingga bila dikonsumsi dalam jumlah tinggi dan bersaman dengan air dapat menyebabkan sembelit. Jadi, jangan terlalu banyak mengonsumsi boba, ya. Lebih baik perbanyak minum air putih atau jus alami yang terbuat dari buah tanpa tambahan pengawet, pewarna, atau gula.

Konsultan:

dr. Frieda Handayani, Sp. A (K)
Spesialis Anak Konsultan Gastroentero Hepatologi Anak
RS Pondok Indah – Bintaro Jaya

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *