Hayoooo ngaku, kamu sering kah diomelin Mama karena keasyikan menggunakan gadget di luar jam sekolah online sampai lupa waktu? Atau, kalian bahkan sampai rebut-rebutan gadget sama Mama. Duh, kalau masalahnya terulang terus, bisa-bisa kamu mendapat masalah, nih, Kids! Masalah dari Mama dan juga masalah kesehatan mata!

Tenang, masalah itu bisa kalian maupun orangtuamu hindari, kok. Sebab, kabar baik datang nih dari Olike, perusahaan global yang berkomitmen memenuhi kebutuhan setiap anggota keluarga. Pada hari Rabu (5/4) bertempat di Four Seasons Hotel Jakarta, Olike resmi meluncurkan tablet terbaru EduTab E1 dan E3. Selain dapat memenuhi kebutuhan belajar anak khususnya pembelajaran jarak jauh, kedua tablet ini benar-benar ramah untuk kalian.

Yups, gadget ini dirancang khusus untuk mendorong anak mengeksplorasi ilmu pengetahuan yang luas tanpa batas melalui teknologi digital. Ada berbagai fitur yang baik untuk kenyamanan anak maupun kebutuhan orangtua. Lewat gadget ini, orangtua-mu akan bisa memantau segala aktivitas kalian di dunia maya. Jadi, nggak perlu ‘perang urat saraf’ alias adu argumen lagi deh sama Mama dan Papa, hihi…

Menjaga Kesehatan Mata Anak

Tablet sangat membantu kalian terutama dalam proses pembelajaran jarak jauh. “Untuk itu, kami siapkan stylus pen dengan high sensitivity yang bisa menghasilkan goresan yang smooth dan detil. Jadi anak bisa berekspresi dan mengeksplorasi banyak hal dengan kreasi tangannya,” ujar Bapak Devin Christian, Product Manager Olike EduTab E1 & E3 seraya menambahkan bahwa EduTab ini menyasar penguna anak-anak usia SD hingga SMP.

Kak Seto, Psikolog Anak (tengah) dan Devin Christian, Product Manager Olike EduTab E1 & E3 (kanan) dalam acara peluncuran Olike Edutab E1 & E3 di Four Seasons Hotel Jakarta, Rabu (5/5)

Selain itu, menjawab kegelisahan para orangtua akan kesehatan mata anak apabila terus menerus menatap layar gadget, Olike EduTab E1 & E3 dilengkapi dengan fitur eye protection. Fitur ini akan melindungi mata kalian dengan cara memberikan peringatan apabila jarak pandang ke layar terlalu dekat atau kurang dari 30 cm. “Termasuk peringatan juga akan muncul apabila pemakaian dalam kondisi terguncang non stop selama 3 menit, misalnya penggunaan di dalam perjalanan. Tentu ini berbahaya buat mata anak dalam jangka panjang,” imbuhnya.

Selain dari segi jarak panjang, fitur pengaturan pencahayaan pada Olike EduTab juga akan menyesuaikan cahaya di sekitar sehingga mata kalian akan tetap nyaman. Jika cahayanya terlalu terang, maka lampu tablet akan berkurang, demikian pula sebaliknya. Dengan fitur eye protection ini, penggunaan gadget tidak akan mengganggu kesehatan mata.

Pantau Penggunaan dari Jarak Jauh

Dituturkan oleh Kak Seto yang seorang Psikolog Anak, anak-anak selayaknya memang harus bersahabat dengan teknologi, terutama di era digital ini. Meskipun begitu, teknologi ibarat 2 sisi mata uang, bisa positif  bisa pula negatif, tergantung bagaimana kita menggunakannya. “Untuk itu, orangtua perlu melakukan pendampingan, mendidik, dan tidak memberikan kesempatan pada anak-anak untuk menyalahgunakan-nya,” anjurnya.

Kids, terkait hal itu, bila orangtua-mu sering mewanti-wanti untuk berhenti menggunakan gadget karena dirasa terlalu lama penggunaannya, jangan langsung marah atau ngambek. Sebab, hal itu demi kebaikan kalian juga. Bagaimanapun, screen time atau waktu layar itu ada batasnya.

Untuk anak usia SD, diungkapkan oleh Kak Seto, sebaiknya tidak menatap layar gadget lebih dari 1,5 jam terus menerus. Sementara untuk anak usia remaja (SMP ke atas) tidak boleh lebih dari 2 jam secara terus menerus. Kalian harus melakukan jeda setidaknya minimal 30 menit agar mata tidak cepat lelah.

Tak hanya itu, jika menggunakan gadget terlalu lama tanpa kenal waktu, akan membuat kalian kecanduan dan mengabaikan aktivitas lain. Padahal, kalian juga perlu bersosialisasi, berinteraksi dengan orangtua, teman, atau melakukan aktivitas lain yang menyenangkan, seperti bermain puzzle, bermain musik, dan sebagainya.

Olike EduTab dilengkapi dengan fitur yang ramah anak dan permudah orangtua dalam melakukan pemantauan penggunaan tablet

Nah, Olike EduTab E1 & E3 menjawab masalah ini dengan menghadirkan fitur Time Management. Di fitur ini, orangtua bisa mengontrol penggunaan gadget anak dengan mudah melalui perangkat yang terhubung dengan Olike EduTab. “Misalnya orangtua mengatur anak bisa pakai gadget dari jam 12 hingga 2 siang, maka setelah waktu yang ditentukan habis, gadget gak akan bisa dipakai anak lagi. Akan ke-lock (terkunci) langsung. Kalau gadget yang ada di pasaran sekarang, kan kadang orangtua sampai harus rebutan gadget dulu nih sama anaknya. Di Olike EduTab E1 & E3, orangtua bisa mengontrol waktu pemakaian lewat handphone-nya, meskipun dari luar rumah atau dari kantor,” ungkap Bapak Devin menjelaskan keunggulan Olike EduTab.

Untuk dapat memantau dan mengontrol penggunaan gadget tersebut dari jarak jauh, orangtua cukup menginstal aplikasi Olike Edu App yang terkoneksi dengan Olike EduTab sehingga anak dapat mengeksplorasi dunianya dengan pengawasan orangtua. “Dengan fitur ini orang tua tidak lagi perlu khawatir dengan waktu penggunaan gadget pada anak,” tegas Bapak Devin.

Awasi Pemakaian Aplikasi

Tak hanya itu, anak-anak juga tak bisa sembarangan mengunduh aplikasi. Sebab, orangtuamu akan bisa mengawasi aplikasi apa saja yang terinstall pada tablet dengan sangat mudah. Lewat aplikasi Olike Edu App, orangtua dapat memilih dan menginstall serta membatasi penggunaan yang menurut mereka tidak dibutuhkan oleh anak. Selain itu, di dalam Olike EduTab  juga telah ter-install aplikasi pembelajaran kiddo, dimana anak bisa belajar dan mengeksplorasi lebih banyak hal.

“Ada pula fitur locating. Anak-anak sering lupa menaruh barang miliknya. Dengan fitur ini, kita dapat mencari dan menemukan dengan mudah lewat perangkat yang tersambung dengan Olike EduTab. Selain itu ada fitur daily schedule agar orangtua bisa membuat pengingat pada perangkatnya dan Olike EduTab sehingga kegiatan anak sehari-hari dapat lebih teratur,” jelasnya.

EduTab dilengkapi dengan stylus pen

8 Inchi dan 10 Inchi

Olike EduTab E1 hadir dalam dua ukuran, yaitu 8 inchi dan 10 inchi serta dua pilihan warna silver (perak) dan black (hitam). Didesain dengan bahan metal cover dan tampilan smooth matte. Untuk ukuran 8 inchi, memiliki baterai 4000 mAh dengan waktu standby hingga 7 jam untuk penggunaan aktif serta kamera belakang 8 MP dan kamera depan 5 MP kamera mendukung pembelajaran tatap wajah jarak jauh. Gadget ini juga didukung RAM 3 GB dan ROM 32 GB sehingga mejadikan kinerjanya unggul dalam mendukung anak mengeksplorasi banyak hal, termasuk prosesor octacore terbaik di kelasnya.

Varian ini telah tersedia di Shopee, Gramedia, Toys Kingdom sejak tanggal 5 Mei dengan harga ritel Rp.2,299,000.

Sedangkan Olike Edu Tab E3 memiliki ukuran 10 inchi, sehingga anak bisa menikmati layar yang lebih luas dengan baterai 7200 mAh dengan waktu standby 13 jam untuk penggunaan aktif. Juga memiliki kamera belakang 13 MP dan 5 MP kamera depan mendukung pembelajaran tatap wajah jarak jauh. Didukung RAM 4 GB dan ROM 64 GB dengan chipset mediatek helio p35 2.3 gigahertz yang terbaik di kelasnya yang memberikan performa terbaik untuk pembelajaran.

Produk ini akan tersedia di seluruh toko di Indonesia mulai tanggal 6 hingga 15 Mei dengan harga ritel Rp.3,799,000. Untuk preorder bisa mendapatkan hadiah Olike Orthopedic Bag.

Foto: Efa

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *