Blibli Luncurkan Kategori Baru Blibli Hasanah

Kebutuhan akan produk halal di Indonesia, bahkan dunia, semakin meningkat dari tahun ke tahun. Ya, seperti yang Moms dan Dads ketahui, produk halal menjadi kebutuhan penting bagi umat muslim.

Tahukah Moms, menurut laporan dari Global Islam Report 2019, saudara-saudara muslim sedunia membelanjakan sekitar 2,2 triliun Dollar pada tahun 2018. Dengan belanja terbesar ada pada kategori produk makanan, farmasi dan lifestyle. Hal ini diungkapkan oleh Lay Ridwan Gautama, Executive Vice President (EVP) of Digital Product & Automotive Category Blibli pada acara virtual press conference Blibli di Jakarta, Selasa (28/04).

“Angka ini bertumbuh sekitar 5,2 persen dibandingkan tahun 2017,” katanya. Ia pun optimis bahwa potensi bisnis halal di Indonesia masih sangat besar, mengingat mayoritas penduduk memeluk agama Islam.

Apalagi saat ini kita sudah memasuki bulan Ramadan. Kebutuhan akan kehalalan suatu produk pun menjadi krusial. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut dan mempermudah konsumen muslim menemukan produk halal, platform belanja online Blibli baru-baru ini telah meluncurkan suatu kategori baru bernama Blibli Hasanah.

“Produk-produk di kategori Blibli Hasanah sudah dikurasi sesuai dengan kebutuhan konsumen Muslim, mulai dari kebutuhan sehari-hari seperti makanan, produk kosmetik, pakaian, donasi, hingga produk travel umroh,” terang Lay.

Blibli Hasanah menyasar konsumen di rentang usia 25 – 40 tahun dengan sebaran wilayah mencakup kota-kota besar di Indonesia, seperti Jabodetabek, Jawa Barat, Jawa Tengah,Yogyakarta, Sulawesi Selatan, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Aceh dan Bali.

Lay melanjutkan bahwa ke depannya Blibli Hasanah akan menjadi cikal bakal dalam penyediaan produk-produk dengan jaminan halal. “Kategori ini kan masih fase awal, ya. Tapi ke depannya, kami akan memperkuat ekosistem Blibli Hasanah ini dengan dukungan atau masukan dari badan, lembaga ataupun para ahli di bidang halal dan syariah,” imbuhnya.

Di luar Blibli Hasanah, Blibli juga sudah memiliki fitur-fitur lain yang mendukung kebutuhan konsumen muslim, seperti pembayaran zakat fitrah, yang semuanya bisa dilakukan dengan motode pembayaran yang tersedia di Blibli.

Konferensi pers virtual peluncuran Blibli Hasanah di Jakarta, Selasa (28/04) dipandu oleh Yolanda Nainggolan (VP of Public Relations) dengan menghadirkan pembicara yaitu: Lay R. Gautama (EVP Digital Products & Automotive Blibli) dan Fransisca K. Nugraha (EVP Consumer Goods Blibli)

Terkait dengan metode pembayaran, ia juga membocorkan bahwa Blibli akan meluncurkan satu fitur baru yakni Blibli Paylater untuk mengakomodasi kebutuhan konsumen saat ini, terutama di masa pandemi Covid-19 maupun Ramadan.

Blibli Paylater akan melengkapi 8 pilihan metode pembayaran yang telah tersedia. Dengan satu pembayaran baru yakni Blibli Paylater yang rencananya akan diluncurkan pada bulan Mei, maka akan ada total 9 pilihan pembayaran.

“Dengan Blibli Paylater, sekarang kalau mau belanja nggak perlu tunggu gajian akhir bulan dulu. Di awal bulan pun bisa. Konsumen nantinya akan diberikan waktu hingga 30 hari untuk membayar tagihannya,” ungkap Lay.

Pihak Blibli sendiri memprediksi selama Ramadan tahun 2020 ini, transaksi akan meningkat sebanyak 3 kali, sama halnya dengan transaksi tahun 2019 yang juga tumbuh 3 kali. “Kami memperkirakan bahwa kontribusi terbesar akan ada pada kategori obat-obatan herbal, minyak goreng, beras dan bumbu masak. Karena ini adalah kebutuhan yang relevan dengan kondisi saat ini, di mana masa pandemi ini masyarakat semakin peduli dengan kesehatan, dan kebutuhan sehari-hari paling dicari mengingat imbauan #dirumahaja membuat masyarakat cenderung mengakses kebutuhan sehari-hari dari rumah lewat akses digital,” katanya.

Walau pemerintah sekarang memberlakukan PSBB, ditegaskan oleh Fransisca K. Nugraha, Executive Vice President (EVP) of Consumer Good Category Blibli, proses pengiriman barang kepada konsumen tidak akan mengalami kendala. “Pengiriman barang, logistik atau kurir tidak terkena dampak dari peraturan PSBB terkait Covid-19, jadi nggak berpengaruh. Justru kita upayakan meningkatkan kecepatan dengan kekuatan penuh agar konsumen bisa segera mendapatkan produk yang dibeli,” ujarnya.

Fransisca juga menegaskan bahwa Blibli memiliki 20 warehouse atau tempat penyimpanan untuk memastikan ketersediaan produk sehari-hari selama Ramadan atau Lebaran tetap terpenuhi. “Kami pastikan selalu ada stock pada warehouse. Dan, untuk barang yang dibeli kami upayakan dikirim dari warehouse terdekat dari rumah konsumen sehingga hal itu bisa mempercepat pengiriman juga,” tutupnya.

Untuk membuat #RamadanLebihBaik, selain meluncurkan Blibli Hasanah disusul dengan Blibli Paylater, akan ada juga banyak promo yang bisa dinikmati seluruh konsumen. Mulai dari diskon hingga 90 persen, voucher belanja total miliaran Rupiah, brand deals dengan promo terbaik setiap hari,  dan gratis ongkir semua produk sepuasnya selama periode 24 April – 25 Mei 2020.

Nah, Moms dan Dads yang mau berburu kebutuhan Ramadan dan  Lebaran, bisa segera meluncur ke aplikasi atau situs Blibli.com.

(Foto: Istimewa)

 

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *