Saat ini ada ribuan bahkan jutaan aplikasi (WhatsApp, Messenger, Go-Jek, Instagram, dan lain-lain) untuk smartphone yang tersedia di platform seperti Android dan IOS. Tahukah kamu Kids, kalau aplikasi-aplikasi tersebut dibuat lewat coding. Kalian juga bisa belajar coding, lho, Kids.

Menurut Kak Fahma Waluya Rosmansyah, Mantan Programmer Cilik yang sekarang kuliah di Institut Teknologi Bandung/ITB, coding merupakan bahasa pemrograman pada komputer. Coding (pengkodean) adalah seperangkat aturan sintaks yang menentukan bagaimana kode harus ditulis dan diformat. Dalam dunia komputer, ada ribuan bahasa pemrograman yang berbeda, memungkinkan seorang programmer atau coder membuat perangkat lunak (software), aplikasi, dan situs web komputer.
Kehadiran coding dalam dunia digital sangat vital, lho, Kids, karena merupakan ‘nyawa’ dari sebuah software atau aplikasi. Pada era digital seperti sekarang ini, ilmu coding sangatlah diperlukan. Di Indonesia sendiri, saat ini memang belum ada kurikulum yang memasukkan coding ke dalam mata pelajaran di sekolah. Namun, pembahasan akan hal ini sudah dilakukan sejak tiga tahun lalu oleh Kominfo dan Kemendikbud.

Bapak Doni A. Siregar (kiri) dan Kak Fahma Waluya Rosmansyah (tengah) saat ditemui pada acara CODING FESTIVAL di Gramedia World Kota Harapan Indah, Bekasi (4/8/2018)

Sebenarnya, coding dapat dipelajari oleh siapapun, bahkan oleh anak-anak sekalipun. ROBOLEGO adalah tempat belajar Coding untuk anak-anak atau Coding for Kids yang sebelumnya sukses menyelenggarakan kursus Robotik. Arah belajar Coding di ROBOLEGO adalah pembelajaran digital ke arah pemrograman. Coding diajarkan secara menyenangkan, menggunakan teknologi Augmented Reality (AR) dengan koneksi Bluetooth.
Menurut Bapak Doni A. Siregar, Product Manager ROBOLEGO, manfaat yang didapat anak-anak yang mempelajarinya yaitu memiliki digital literasi yang baik, meningkatkan kecerdasan anak terutama dalam memecahkan masalah (problem solving), mengasah kemampuan berpikir logis (logical thinking), meningkatkan kreativitas, dan memberikan keunggulan kompetitif bagi anak dibandingkan teman-temannya. Bagaimana Kids, tertarik untuk mempelajarinya? (Retno)

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *