Belajar Nilai Kebaikan dari Doraemon

Menonton film ternyata bukan hanya hiburan, tapi kita juga bisa mengambil pelajaran di dalamnya. Nah, bagaimana dengan film animasi Doraemon?

Animasi Doraemon menceritakan persahabatan antara robot kucing dari masa depan, dengan anak laki-laki ceroboh bernama Nobita. Walau seringkali kita melihat Nobita selalu merengek meminta bantuan Doraemon, tapi, kita bisa mengambil pesan yang terkandung di balik cerita tersebut, Kids.

Setia Kawan

Jika dilihat, persahabatan antara Nobita, Shizuka, Suneo, dan Giant, memang sedikit aneh. Contohnya, Nobita selalu iri pada Suneo yang dibelikan mainan bagus, dan ia juga seringkali menjadi korban Giant. Tapi, mereka selalu bersama-sama dan saling membantu jika mengalami kesulitan.

Mencintai Alam

Dalam film Doraemon, Nobita digambarkan sangat hobi pergi ke bukit belakang sekolah untuk bersantai di atas rerumputan. Ia juga menjadikan bukit belakang sekolah sebagai tempat melarikan diri dari masalah-masalahnya. Walau terlihat malas dan ceroboh, tapi Nobita paling anti membuang sampah sembarangan.

Pantang Menyerah

Dalam film “Stand By Me” ditunjukkan bagaimana kegigihan dan sifat pantang menyerah Nobita ketika berusaha sekuat tenaga menyelamatkan Shizuka dewasa dari serangan badai salju. Di adegan lain juga ditunjukkan bagaimana Nobita tidak menyerah ketika melawan Giant walaupun sudah jatuh berkali-kali.

Percaya Diri

Nobita seringkali meminta bantuan Doraemon ketika merasa dirinya tak mampu melakukan sesuatu. Namun, ada suatu adegan dimana Nobita meminta bantuan Doraemon dengan alat “Telur Peniru” supaya Shizuka menyukainya. Tapi, bukannya jadi menyukainya, Shizuka malah menyukai orang lain. Disini kita diajarkan bahwa segala sesuatu harus dilakukan dengan percaya diri, bukan hanya mengandalkan alat.

(JFK/ETG, Foto: http://www.doraemon-world.com/en/)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *