Kids, selain Matahari, Bulan adalah benda langit yang terlihat jelas dari Bumi. Ternyata, keberadaan Bulan berpengaruh bagi kehidupan kita, lho!

Terbentuknya Bulan
Menurut para ilmuwan, Bulan terbentuk ketika bongkahan batuan raksasa (yang disebut dengan Theia) bertabrakan dengan Bumi. Tabrakan ini mengirim potongan Bumi dan Theia ke luar angkasa , dan kemudian ditarik oleh gaya gravitasi, menciptakan Bulan. Hal ini terjadi kira-kira 4.500 juta tahun yang lalu.

Guna Bulan bagi Kehidupan di Bumi
Kids, ada tiga unsur penting dari Bulan yang sangat berguna bagi kehidupan, yaitu waktu, pasang surut, dan sinar. Gravitasi Bulan menyebabkan perputaran Bumi melambat, sehingga 1 hari menjadi 24 jam. Gravitasi Bulan juga menyebabkan pasang surut air laut. Hal ini berguna bagi nelayan untuk mencari ikan.
Sinar Bulan menerangi malam yang gelap dan membantu kehidupan binatang, dan tumbuhan. Bulan tidak bersinar sendiri, melainkan memantulkan cahaya dari Matahari.

Bulan yang Berubah Bentuk
Kids, kalian tentu tak asing dengan bentuk Bulan yang berubah-ubah. Apakah memang betul Bulan berubah bentuk? Ternyata, hal ini disebabkan oleh Bulan yang berputar mengelilingi Bumi. Saat Bulan mengorbit (mengelilingi Bumi) Matahari menyinari bagian yang berbeda pada Bulan. Jadi, bukan bentuk Bulan yang berubah, hanya pandangan kita saja yang menyebabkannya seperti itu.

Permukaan Bulan
Ternyata, permukaan bulan cukup gersang; terdiri dari pegunungan, kawah besar, serta bidang datar yang disebut ‘mare’ (laut) yang terbuat dari lava yang mengeras. Tapi, Bulan tampak indah jika dilihat dari Bumi ya, Kids? Hihihi!

 

 

 

 

Foto: Ist

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *