Ibu merupakan “pusatnya keluarga”. Seorang Ibu memiliki peran yang sangat penting dalam mendukung tumbuh kembang anak-anaknya. Riset menunjukkan, kebahagiaan Ibu mampu memengaruhi pola asuhnya terhadap anak. Tentu menjaga kebahagiaan seorang Ibu, salah satu kunci sukses dalam proses perkembangan anak sejak dini, khususnya di masa pandemi saat ini.

Untuk itulah, masih dalam momen memeringati Hari Komunitas Nasional, Bebelac-susu pertumbuhan anak-menyelenggarakan Bebemoms Community Day sebagai wujud apresiasi, dukungan, serta edukasi terhadap para Ibu yang tergabung dalam komunitas Bebemoms, dalam tema “Ibu Bahagia Kunci Anak Hebat”.

Dengan visi untuk mendukung anak-anak tumbuh dengan hebat, tidak hanya pintar dan berani, tetapi  juga memiliki hati yang besar. Bebelac menyebutnya dengan Anak Hebat yang memiliki happy tummy, happy brain, dan happy heart. Dengan ini, Bebelac melakukan inisiatif untuk membentuk komunitas Bebemoms. Inisiatif ini merupakan upaya Bebelac untuk mendukung seluruh Ibu yang memiliki anak usia di atas 1 tahun di Indonesia untuk memperkaya kemampuan pola asuh dan nutrisi yang baik untuk anak sehingga menjadi anak hebat yang sehat, cerdas, dan memiliki rasa peduli.

Menurut Dessy Ilsanti, Psikolog Klinis Dewasa & Keluarga, happy tummy, happy brain, dan happy heart benar adanya dan merupakan satu kesatuan. “Perut, pikiran, dan hati memang satu kesatuan. Coba Ibu-Ibu kalau lagi lapar, disuruh mikir, susah, kan? Bawaannya malah emosi. Perut memberikan respons pada otak untuk berpikir baik,” ujarnya.

“Saat pandemi, dimana banyak perubahan secara mendadak dan kita tidak siap, cukup menambah beban bagi para Ibu. Saran saya untuk para Ibu, jangan terlalu membayangkan hal-hal yang menakutkan karena justru akan berbahaya dan akan berpengaruh terhadap anak. Anak merupakan seorang individu dimana merupakan produk dari asuhan orangtua atau keluarganya. Keluarga sangat penting dalam menghasilkan individu yang baik. Kalau yang bikinnya tidak bagus, jangan berharap hasilnya akan bagus,” tambah Dessy.

Lingkungan memang sangat berpengaruh, namun waktu anak lebih banyak di rumah. “Rumah harus bisa menata kembali. Kuncinya adalah di rumah. Layaknya pabrik yang perlu di-maintenance, begitu pun rumah dimana orang-orangnya juga perlu di-maintenance. Sebagai pengasuh anak yaitu Ibu, tentu harus dijaga kesejahteraannya. Ibu memang selalu ingin berkorban untuk apapun, tapi bukan berarti  Ibu tidak penting. Justru yang paling penting adalah Ibunya, agar bisa merawat anak-anaknya semaksimal mungkin,” terang Dessy.

Pentingnya Me Time

Lalu, bagaimana cara merawat Ibu? Salah satunya, sesekali sediakanlah waktu untuk diri Ibu sendiri (me time). Kalau belum bisa meninggalkan anak, lakukanlah hal-hal sederhana yang bisa membuat Ibu senang. “Misal, menonton TV, serial drama, atau baca buku, karaoke, main musik, berkebun, memasak, dan banyak hal lainnya. Yang penting, ketika melakukannya, kita merasa senang dan memang untuk kesenangan sendiri. Tidak perlu lama, cukup 15 menit. 1 jam atau 1 harian juga boleh, asalkan sudah memikirkan dan mendelegasikan tugas serta tanggung jawabnya. Komunikasikan dengan anggota keluarga, supaya mereka paham dan tidak juga mengganggu waktu me time Ibu. Tapi, tetap ketika mereka membutuhkan kita, kita bisa kembali ‘bertugas’,” saran Dessy.

Head of Careline & Communities Danone Specialized Nutrition Indonesia, Flora Pramasari mengatakan, “Bebelac bersama Bebemoms percaya bahwa anak hebat itu didukung oleh  Ibu yang bahagia. Untuk itu, bertepatan dengan momen Hari Komunitas Nasional, kami mengadakan Bebemoms Community Day untuk menjadi wadah edukasi, konsultasi, dan berbagi antar para Ibu anggota komunitas dan para narasumber ahli dengan mengangkat tema yang sangat relevan, yaitu kebahagiaan seorang Ibu, khususnya di masa pandemi ini, dan bagaimana komunitas dapat menjadi support system bagi para Ibu. Bebemoms Community Day juga bertujuan untuk memberikan apresiasi bagi Bebemoms yang telah berpartisipasi aktif dalam mendukung edukasi ke para Ibu yang memiliki anak usia di atas 1 tahun di seluruh Indonesia terkait upaya untuk menumbuhkan anak hebat.”

Pentingnya Support System  

Support system menjadi salah satu sumber penguat bagi para Ibu melalui interaksi dan konsultasi antar anggota di dalamnya. Bentuk support system terbaik bagi seorang Ibu bisa didapatkan melalui komunitas maupun lingkungan terdekatnya. Terlebih lagi, dalam menghadapi perubahan di masa pandemi ini, hadirnya sebuah wadah untuk dapat saling berbagi dan saling mendukung antar sesama Ibu dalam menyesuaikan perannya di rumah, dapat memiliki arti tersendiri bagi para Ibu.

Salah satu wadahnya sebut saja Moms Academy, sebuah komunitas yang bertujuan untuk mendukung para Ibu. “Dari yang awalnya hanya 50 member sekarang kita sudah punya 3000 member aktif dan 19 WA Grup. Ada juga yang di manca negara. Sangat positif karena para Ibu mengaku wadah ini bisa menjadi tempat pelarian mereka. Ketika mereka lelah di dunia nyata, bisa bercanda dan mendapatkan support dari para Ibu di Moms Academy,” terang Widya Safitri dari komunitas Moms Academy.

Ibu yang bahagia dapat menumbuhkan anak yang hebat melalui perannya sehari-hari untuk mendukung aktivitas dan pertumbuhan anak. Dokter Spesialis Anak, Dr. Reza Fahlevi mengatakan, “Pada anak usia di atas 1 tahun merupakan masa golden period, maka  terjadi sekitar 70 hingga 80 persen perkembangan otak anak di usia ini. Untuk mendukung pertumbuhan dan menunjang perkembangan anak dengan baik, pemenuhan nutrisi menjadi salah satu aspek terpenting. Seringkali dikatakan bahwa pencernaan merupakan otak kedua anak. Hal ini disebabkan karena otak dan saluran pencernaan saling terhubung, dimana nutrisi menjadi asupan kinerja otak dan juga dapat memengaruhi perilaku serta suasana hati anak.”

Menurut dokter Reza, sangat penting untuk memenuhi nutrisi anak di 1000 hari pertama kehidupannya (termasuk masa kehamilan dan 2 tahun setelah lahir). “Cara optimalkannya dengan asah, asuh, dan asih. Asah dengan memberikan stimulasi, asuh dengan memberikan sesuatu untuk fisiknya seperti nutrisi, vaksinasi, kebersihan, dan lain sebagainya. Dan asih dengan memberikan kasih sayang untuk kesehatan mentalnya karena anak cerdas dan pede pasti ada dukungan emosional dan kasih sayang dari orangtuanya,” ucap dokter Reza. “Nutrisi sangat penting untuk fisik dan otak, dimana sel-sel otak dan saluran cerna dalam 2 tahun pertama itu sangat pesat pertumbuhannya. Hubungan saluran cerna dan otak dimana jika saluran cerna baik, otak baik, maka pertumbuhan akan baik. Happy tummy happy brain happy hearth, saluran cerna (tummy/perut) baik membuat otak (brain) baik sehingga mood baik, emosional baik sehingga jadilah happy hearth (hati yang bahagia). Semua terbentuk dari saluran cerna yang baik sehingga bisa menyerap nutrisi secara optimal,” tambah dokter Reza.

 

Head of Bebelac, Ye Vian Quah mengaku selalu mendukung anak-anak Indonesia dengan nutrisi sesuai di setiap usia. “Komitmen Bebelac untuk mendukung Ibu dalam membesarkan anak hebat Indonesia. Bebelac terus menerus memberikan nutrisi yang baik dan tepat untuk anak-anak Indonesia. Kita pastikan semua produk diformulasikan tepat dengan yang dibutuhkan anak, misal membuat produk susu untuk anak-anak alergi. Kita sediakan juga sumber informasi, salah satu wujud nyata inisiatif kami adalah bekerjasama dengan komunitas Moms Academy. Memberikan informasi seperti panduan-panduan yang bisa membantu orang tua bagaimana mengelola emosi, menghadapi anak tantrum, dan lain sebagainya. Saat pandemi pun kami berikan edukasi-edukasi dalam bentuk webinar, selain kelas untuk anak juga ada kelas untuk orangtua,” papar Ye Vian.

Shireen Sungkar, ibu tiga anak sebagai salah satu Ibu Hebat Bebelac mengatakan, “Seorang Ibu pastinya ingin memberikan yang terbaik bagi anaknya, termasuk pemenuhan nutrisi yang baik untuk anak agar dapat tumbuh menjadi anak yang hebat. Saya sangat menyambut baik adanya komunitas Bebemoms, dimana para Ibu bisa mendapatkan edukasi serta saling berbagi informasi untuk saling membantu dalam menumbuhkan anak hebat yang memiliki happy tummy, happy brain, dan happy heart. Sebagai salah satu Ibu Hebat Bebelac, saya senang dengan diadakannya Bebemoms Community Day ini karena di sini kami merasa terapresiasi sebagai seorang Ibu, dan juga mendapatkan kesempatan untuk belajar langsung dari para ahli mengenai topik-topik yang relevan, serta berinteraksi dengan para Ibu lainnya.”

“Kedepannya, Bebelac berkomitmen untuk terus mendukung para Ibu dan anak hebat Indonesia melalui komunitas Bebemoms dengan berbagai program edukasi yang bermanfaat bagi para Ibu dalam menjalankan perannya sehari-hari,” tutup Flora Pramasari.

Foto: Ist

 

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *