Jakarta, majalahjustforkids.com – PT Kalbe Farma Tbk (Kalbe) melalui anak perusahaan KALGen Innolab meluncurkan Nutrigenme Life, pemeriksaan genetik terbaru yang dapat menganalisa variasi DNA berkaitan dengan pola hidup individu. Proses sekuensinya gen dan analisanya akan dilakukan di dalam Negeri, sehingga KALGen Innolab menjadi laboratorium pertama yang melakukan tes nutrigenomik secara inhouse di Indonesia. “Kalbe berkomitmen untuk terus berkontribusi dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat, salah satunya dengan memberikan kesempatan bagi masyarakat Indonesia memperbaiki pola hidup dengan lebih tepat guna sesuai dengan variasi gen yang unik untuk tiap individu melalui Nutrigenme Life, pemeriksaan nutrigenomik yang dapat dikerjakan sendiri di Indonesia menggunakan platform Microarray sehingga harga menjadi lebih terjangkau dengan  hasil yang lebih cepat,” ujar Presiden Direktur KALGen Innolab, Yuniar Linda.

“Dengan mengunakan sample air liur dan proses pemeriksaan genetik Nutrigenme Life dilakukan di Indonesia, hal ini menjadi sangat penting terkait dengan potensi penggunaan data biobank masyarakat Indonesia untuk kebutuhan riset dan pengembangan kedepannya,” lanjut Yuniar Linda.

Sejumlah ahli mengapresiasi pemeriksaan genetik Nutrigenme Life. Senior Scientist, Peneliti, dan Ahli Genomik Molekuler, Prof. dr. Herawati Sudoyo, M.Sc., Ph.D mengatakan, peran genomik menjadi sangat penting dalam transformasi sistem kesehatan di masa depan, terutama mengetahui bagaimana gen dan DNA memiliki pengaruh dalam merespon penyakit, metabolisme, dan berbagai hal di tubuh manusia.

Peneliti dan Ahli Genomik Molekuler, Drh. Safarina G. Malik, M.S., Ph.D pun menjelasakan, dua di antara tes genomik untuk variasi gen di bidang kesehatan ialah nutrigenomic dan pharmacogenomic. Nutrigenomic adalah ilmu yang mempelajari hubungan antara faktor genetik dengan nutrisi yang memiliki komposisi spesifik dan yang mampu menginduksi ekspresi gen dalam tubuh. Sedangkan pharmacogenomic yaitu studi tentang peran genom dalam respons obat dan menganalisis bagaimana susunan genetik seseorang mempengaruhi respons mereka terhadap obat.

“Nutrigenme Life akan membantu dokter dan healthcare professional dalam menganalisa tipe genetik individu dan memberikan solusi secara personalized dan diharapkan membantu memecahkan masalah dan menjawab kebutuhan masyarakat terkait kesehatan dan healthy lifestyle secara tepat sasaran,” tutur Wakil Ketua PDGKI-Jaya (Perhimpunan Dokter Spesialis Gizi Klinik Indonesia DKI Jakarta), dr. Ida Gunawan, MS, SpGK (K) FINEM.

General Manager Kalbe Genomics Business, Bapak Julito Siahaan, memaparkan, sejak tahun 2017 GENME by Kalbe telah membuktikan dan mempertahankan secara stabil eksistensi. Dalam hal ini, dengan terus menjadi inovator dalam memberikan pelayanan pemeriksaan genetik untuk menunjang personalized lifestyle yang berperan dalam optimalisasi kualitas hidup seseorang. Ia menekankan bahwa yang paling penting terkait pemeriksaan genetik ialah tindak lanjut dari hasil analisa tersebut, tentang bagaimana rekomendasi bisa dijalankan dan memberikan hasil optimal.

“Nutrigenme Life menyediakan solusi komprehensif dengan jaringan komunitas dokter yang mendapatkan training dan bersertifikasi, sehingga mampu memberikan informasi yang efektif terkait pembacaan hasil report dalam memberikan action plan ke customer, dan dilengkapi dengan Personalized Customer Support untuk mendampingi customer. Selain itu, Kalbe memiliki ekosistem dalam mendukung kebutuhan pasien maupun dokter yang diperlukan dalam hal monitoring, konsultasi, terapi, dan suplemen untuk kualitas hidup yang lebih baik,” papar Julito.

Nutrigenme Life dapat menganalisis 70 gen yang ada di dalam tubuh untuk mendapatkan 55 traits yang terbagi dalam 12 panel. Kemudian, hasilnya akan dituangkan dalam bentuk report yang terdiri dari tiga kategori yaitu pola makan (diet), olahraga (sports) dan metabolisme nutrisi.

Kategori pola makan (diet) merupakan pemeriksaan genetik yang fokus pada risiko obesitas dengan mengetahui profil genetik terhadap nutrisi-nutrisi, seperti gula/karbohidrat, protein, serta lemak. Sedangkan, kategori olahraga (sport) merupakan pemeriksaan genetik yang fokus pada tipe olahraga yang paling sesuai dengan tubuh pasien, yakni tipe endurance, power and strength, ataupun balance.

Ketiga, kategori metabolisme nutrisi ialah pemeriksaan genetik yang fokus pada hormon terutama insulin dan beberapa alergi makanan, seperti lactose intolerance, gluten intolerance, serta sensitivitas kafein. Selanjutnya, akan diberikan rekomendasi jenis olahraganya, training yang tepat sesuai kondisi profil genetik pasien, pola makan, mikronutrisi (vitamin dan mineral), serta makanan yang perlu dihindari jika memiliki alergi.

Nutrigenme Life melengkapi rangkaian pemeriksaan genomik dari Kalbe, di antaranya KiddyGENME, PrimeGENME, dan SkinGENME. KiddyGENME merupakan pemeriksaan genetik yang dapat menganalisis variasi DNA yang berkaitan pada personality traits atau kepribadian, bakat, dan eating behaviour untuk tumbuh kembang anak.

Sedangkan PrimeGENME, ialah pemeriksaan genetik yang dapat menganalisis variasi DNA yang berkaitan pada risiko penyakit-penyakit degeneratif, biomarker peradangan, kemampuan kognitif hingga gangguan tidur. Terakhir, SkinGENME adalah pemeriksaan genetik yang dapat memprediksi kecenderungan risiko penuaan pada kulit berdasarkan gen, yang selanjutnya akan mendapatkan rekomendasi perawatan yang sesuai dengan kondisi gen seseorang.

Pemeriksaan Nutrigenme Life dapat dilakukan dengan cara layanan home service menghubungi Customer Relation GENME 0852-81112343. Selain itu, dapat mengunjungi website www.genme.id dan instagram @nutrigenme untuk melihat artikel, tips, dan memberikan arahan pola diet yang aman, tepat sesuai gen dan mendukung pola hidup yang lebih sehat.

(Foto : Ist)

 

 

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *