Setelah menjalankan masa bakti lebih dari 2 tahun, anggota KidZania Congrezz 2016 – 2018 akhirnya menyerahkan jabatan. 14 anggota kongres yang baru, pun resmi dilantik.

Seperti kita tahu, edutainment theme park  KidZania Jakarta memang mengedepankan permainan role play (bermain peran). Di ‘kota’ ini, pengunjung anak-anak bisa mencoba berbagai profesi, mulai dari pemadam kebakaran, polisi, dokter, apoteker, pilot, dan sebagainya.

Nah, kalau biasanya anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) terdiri dari Bapak-bapak atau Ibu-ibu yang berusia dewasa, di ‘kota’ edutainment Kidzania Jakarta, yang menjalankan pemerintahan adalah anak-anak.

Mereka inilah yang disebut sebagai CongreZZ Kids, yang terdiri dari 14 anak-anak berprestasi yang akan berperan menjadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dalam lembaga yang disebut KidZania CongreZZ.

Anggota KidZania CongreZZ ini memiliki masa tugas selama 2 tahun, dan akan digantikan oleh anggota baru dengan masa kerja 2 tahun berikutnya. Setelah melalui seleksi super ketat, akhirnya telah terpilih 14 anggota CongreZZ Kids masa bakti 2019 -2021. Mereka adalah anak-anak berusia antara 8-14 tahun dengan talenta dan pengetahuan beragam, yang berhasil menyisihkan para kandidat dari hampir 1000 Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama se-Jabodetabek.

Bapak Lindung Artha Marhendra selaku Chief Operation Officer KidZania Jakarta melantik 14 anggota KidZania CongreZZ periode 2019-2021 di Metropolitan Theatre KidZania Jakarta, Sabtu (06/07/19)

Acara pelantikan berlangsung pada hari Sabtu, 6 Juli 2019 di Metropolitan Theatre KidZania Jakarta. “Sejak dilantik hari ini, ke-14 anggota kongres resmi memulai masa tugas mereka untuk masa tugas 2019 – 2021,” ujar Bapak Lindung Artha Marhendra selaku Chief Operation Officer KidZania Jakarta.

Berperan Sebagai Anggota Dewan

Layaknya anggota DPR, mereka bertugas membentuk undang-undang atau peraturan, Kids.

“Jangan bayangkan undang-undang (UU) yang mereka susun seperti yang di DPR asli. Sebenarnya itu adalah testimoni (pendapat) mereka akan sesuatu hal, tapi karena ini adalah role play, kita sebut dengan UU, agar anak-anak semakin menjiwai perannya,” tutur Bapak Lindung seusai acara pelantikan 14 anggota kongres yang baru.

Ia mencontohkan, setelah anggota kongres melakukan kunjungan ke salah satu stasiun radio, maka mereka akan menyusun suatu kesimpulan dan ide. “Anggota kongres akan berdiskusi, komunikasi yang dilakukan radio terhadap pendengarnya harus seperti apa, harus ada segmen anak, misalnya…”  terang Bapak Lindung.

Pembentuk UU dan Pengawas

Ya, dalam masa tugas selama 2 tahun, anggota kongres kerap melakukan sidang di luar kota KidZania, misalnya melakukan kunjungan ke kementerian, perusahaan, dan sebagainya. Di sana, mereka akan belajar informasi baru dan berdiskusi. Lalu, mereka merumuskan kesimpulan dan opini. Itulah yang dimaksud dengan undang-undang tadi.

KidZania Jakarta Melantik 14 Anggota KidZania CongreZZ 2019 – 2021

Selain membentuk dan menyusun undang-undang, para CongreZZ Kids juga bertugas memberikan masukan, membantu dan mengawasi jalannya pemerintahan kota KidZania. “Mereka serius, lho. Dan saking mendalami perannya, beberapa anggota kongres selalu lapor ke saya kalau melihat ada yang dirasa kurang ‘sreg’ ketika bermain peran di establishment (terutama yang baru) di KidZania. Misalnya, pas mereka main, mereka melihat ada suatu sudut yang tidak di-rounded (tidak bundar).  Terus besoknya mereka cari saya, mau ketemu sama Walikota. ‘Pak, ini nggak aman untuk anak-anak…’ Kita malah dievaluasi (dinilai) lho sama mereka pas main di KidZania, padahal kita nggak minta. Jadi, mereka kasih masukan ke kita, kita yang memilah-milah mana yang sekiranya bisa diaplikasikan,” jelas Pak Lindung.

Ya, Kids, selama 2 tahun, para anggota KidZania CongreZZ berhak bermain sepuasnya di Kidzania, gratis! Dan, ternyata, mereka tak hanya bermain, melainkan sekaligus menjalankan tugas, hehe. Maklum saja, ibaratnya, mereka adalah para wakil penduduk KidZania.

Siap Bertugas

Dalam waktu dekat, masih menurut Bapak Lindung, CongreZZ Kids akan segera melakukan tugas. “Kita diundang sebuah perusahaan otomotif yang memroduksi mobil ramah lingkungan. Ini sesuai dengan tema KidZania Congrezz 2019 – 2021, yakni  Children‘s Perspective on World Problems. Nanti mereka akan memberikan pendapat dari dunia anak-anak, mengapa kita perlu mobil listrik yang ramah lingkungan, dan sebagainya. Nanti juga kita akan berkunjung ke perusahaan BUMN yang bertugas mengelola penambangan minyak dan gas bumi di Indonesia. Salah satu tujuan kita adalah bagaimana para anggota kongres ini semakin pintar dengan menyerap berbagai informasi dan semakin pandai dalam mengemukakan pendapat,” katanya.

Para CongreZZ Kids 2016 – 2018 berfoto bersama 14 CongreZZ Kids 2019 – 2021 yang baru dilantik

Seiring dengan kebahagiaan dan semangat baru 14 anggota dewan yang baru, terselip pula perasaan kehilangan dari 14 anggota KidZania CongreZZ 2016 – 2018 yang melakukan serah terima jabatan,  salah satunya adalah Randi Adwin R.

“Agak sedih, sih, hehe… Sekarang udah nggak bisa main ke KidZania lagi secara gratis. Tapi, aku juga ngerasa lega, karena sudah bisa menjalankan tugas dengan baik selama menjadi anggota kongres,”  ucapnya kepada Just For Kids.

Siswa kelas 9 ini mengaku, bahwa kebersamaan bersama teman-teman sesama anggota kongres, adalah hal yang paling ia rindukan saat tak lagi menjabat sebagai CongreZZ Kids. “Selain itu, pasti kangen banget juga untuk melakukan kunjungan-kunjungan ke kementerian, maupun membuat laporan setelah kunjungan,” katanya.

Mengecap pengalaman sebagai anggota kongres KidZania, Randi merasakan banyak manfaat. “Saya kini menjadi Randi yang lebih berani dan percaya diri, menjadi lebih disiplin dan menjadi lebih bisa menghargai pendapat orang lain.”

Ia punya pesan bagi 14 anggota kongres periode 2019 – 2021. “Selalu jaga kekompakan dengan teman sekomisi ataupun yang lain dan jangan pernah menyia-nyiakan waktu saat ada rapat,”  tutupnya.

Untuk para anggota KidZania CongreZZ 2019 – 2021, selamat menjalankan tugas, ya…

Foto: dok. KidZania

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *