Kalau kamu suka menonton film-film luar negeri, pasti sudah tidak asing dengan sebutan planet Mars. Planet yang satu ini punya banyak keunikan, lho…

Mars merupakan planet terdekat keempat dari Matahari. Besarnya tak lebih dari separuh Bumi. Nama Mars diambil dari dewa perang Yunani kuno. Mars sering disebut sebagai planet merah. Ini dikarenakan tanahnya memiliki kandungan oksida besi yang sangat besar, yang sering disebut karat. Planet Mars memiliki dua satelit, Phobos dan Deimos. Benda yang selalu mengelilinginya seperti halnya Bulan yang mengitari Bumi.

Wajah Manusia

Pada tahun 1970, di planet Mars, para ilmuwan menemukan sebuah pemandangan yang sekilas seperti wajah manusia atau patung spinx di Mesir. Saat itu banyak orang yang kembali menghubungkan dengan adanya makhluk di tempat itu.

Tetapi, berdasarkan penelitian ilmiah, ternyata cuma kikisan dan gundukan tanah seperti penampakan alam pada umumnya.

Gunung Sangat Besar

Banyak keunikan yang dimiliki Mars dibanding planet lain. Mars memiliki gunung yang sangat besar yang disebut Olympus Mons. Tingginya mencapai 15,5 mil atau tiga kali lipat dari ketinggian yang dimiliki oleh gunung Everest yang cuma 5 mil. Mars memiliki cuaca yang ganas berupa badai angin panas, badai debu, dan tornado kecil.

Pada tahun 2001, badai debu yang sangat besar menutupi hampir seluruh permukaan Mars. Hal itu terjadi karena Mars tidak memiliki atmosfer (lapisan pelindung) seperti Bumi. Oleh karenanya, Mars kurang bersahabat untuk kehidupan makhluk seperti manusia.

Bekas Danau dan Sungai

Mars ternyata juga memiliki kandungan air. Para ilmuwan dari University of Colorado, Amerika Serikat, menemukan bekas danau di Mars. Bekas danau itu memiliki ukuran 200 kilometer persegi dengan kedalaman 450 meter. Ada juga bekas sungai yang sangat panjang.

Penemuan bekas danau dan sungai tersebut semakin memperkuat dugaan adanya makhluk hidup di planet Mars.

Sebab, selama ini ada orang-orang yang percaya bahwa ada makhluk luar angkasa seperti UFO dari Mars. Ada yang percaya, tapi banyak juga yang ragu. (JFK/Nov)

You may also like
Latest Posts from

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *