Pemerintah Kabupaten Bogor Luncurkan Aplikasi Teman Sehat

Meningkatnya pasien Covid-19 sejak memasuki periode new normal atau Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) di Indonesia belakangan ini sangat memprihatinkan. Bahkan ambang batas kapasitas rumah sakit untuk ruang isolasi dan ICU dikabarkan sudah melampau angka batas aman.

Mengingat keamanan, kesehatan dan kesejahteraan masyarakat adalah hal krusial di masa pandemi ini, pada Rabu (09/09) kemarin, Pemerintah Kabupaten Bogor menandatangani kesepakatan bersama dengan PT Progressivmedia Indonesia, perwakilan Achiko AG di Indonesia untuk meluncurkan aplikasi Teman Sehat.

Teman Sehat adalah sebuah ekosistem aplikasi yang menggabungkan Contact Tracing (Penelusuran Kontak), Pengujian juga Pembayaran. Fitur Penelusuran Kontak ini mencatat interaksi warga di mana pun mereka aktif selama periode Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB). Dengan itu, Pemerintah Kabupaten Bogor dapat mengetahui secara tepat dan otomatis ketika ada warga yang telah berinteraksi dengan pasien positif COVID-19, sehingga dapat cepat mengatasi secara efisien.

Penandatanganan kerjasama ini dilangsungkan di kantor Bupati Bogor oleh Ibu Hj. Ade Yasin, S.H., M.H. selaku Bupati Bogor bersama dengan Bapak Windiaprana selaku Direktur PT Progressivmedia Indonesia. Pelaksanaan kerjasama ini akan berjalan dengan dukungan dari berbagai lembaga Pemerintah Kabupaten Bogor lainnya, di antaranya adalah Dinas Komunikasi Informasi Statistik, Dinas Pendapatan Daerah, Dinas Budaya dan Pariwisata, serta Dinas Koperasi dan UMKM.

Ibu Hj. Ade Yasin, S.H., M.H. selaku Bupati Bogor

“Keamanan, kesehatan dan kesejahteraan masyarakat Kab. Bogor adalah hal utama, karena itu kami yakin bermitra dengan perusahaan yang terus berupaya untuk membangun aplikasi terdepan yang berguna untuk menekan penyebaran virus COVID-19 di masa pandemi ini, serta membantu negara untuk membangun ekonomi kembali,” papar Ibu Hj. Ade Yasin, S.H., M.H.

Bupati Bogor juga menambahkan “Fitur Penelusuran Kontak pada aplikasi Teman Sehat ini selaras dengan program Pancakarsa guna hadirkan Bogor Sehat, yang akan mendata warga dengan cakupan luas, seperti pasar tradisional/modern, pusat perbelanjaan, tempat rekreasi, rumah ibadah dan lainnya tanpa dipungut biaya, baik bagi warga maupun pelaku bisnis.”

Aplikasi Teman Sehat juga dilengkapi dengan Fitur Pengujian untuk mengunggah Sertifikat Digital hasil tes COVID-19 yang hanya dapat diterbitkan dan dikonfirmasi oleh pihak rumah sakit, klinik atau laboratorium mitra. Fitur pembayaran dalam aplikasi Teman Sehat melengkapi ekosistem yang memberikan kemudahan bagi warga lakukan pembayaran atas tes COVID-19 di rumah sakit, klinik maupun laboratorium mitra.

“Kami juga berupaya untuk mensejahterakan kembali masyarakat Kabupaten Bogor dengan siapkan Fitur Kupon pada Teman Sehat, yang akan membantu para pelaku bisnis dalam menjaring kembali pengunjung dengan berbagai promosi yang diharapkan dapat menggerakkan roda ekonomi dalam masa pandemi ini,” tutup Bapak Windiaprana.

Sejak Juli lalu, aplikasi Teman Sehat memulai kerjasama dengan Pemerintah Kota Pekanbaru dan kini siap untuk diluncurkan di mana saja. Perusahaan platform, Achiko AG, mengajak pemerintah kota lain untuk ikut bekerja sama dalam memanfaatkan teknologi informasi sistem aplikasi Teman Sehat untuk berikan keamanan, kesehatan dan kesejahteraaan masyarakat di Indonesia.

Foto: Istimewa

 

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *