Bangun Keluarga Kuat Indonesia dengan Gizi Seimbang, Aktif dan Bahagia Bersama Frisian Flag

Apa yang kalian lakukan nih Kids selama #dirumahaja di masa pandemi Covid-19 ini? Tentunya selain belajar dari rumah, kalian juga berkesempatan beinteraksi lebih intim dengan Ayah dan Bunda, bukan?

Ya, kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di DKI Jakarta dan sejumlah wilayah Indonesia membuat aktivitas sehari-hari kita banyak dilakukan di rumah. Tentunya, di awal-awal masa ini mungkin menyenangkan. Kita nggak perlu bangun pagi-pagi untuk berangkat ke sekolah, namun setelah sekian minggu, mulai deh perasaan jenuh atau bosan menyerang. Waduh, jangan sampai kamu mengaku stres selama di rumah, ya?

Sebab, stres itu bisa menurunkan imunitas atau daya tahan tubuh kita. Padahal imun itu perlu bagi tubuh untuk menangkal serangan virus maupun penyakit. “Kondisi fisik dan psikologis menjadi poin penting di tengah berlangsungnya kebijakan PSBB. Pasalnya, PSBB menjadikan kita untuk mengubah pola kerja yang semula di kantor menjadi work from home maupun school from home bagi anak. Hal ini tentunya berdampak secara fisik, psikologis maupun pola asuh bagi keluarga di rumah,” ujar Bapak Andrew F. Saputro, Corporate Affairs Director FFI dalam acara diskusi daring bertajuk “Building Strong Family pas #DiRumahAja: Gizi Seimbang, Aktif dan Bahagia” yang digelar oleh PT Frisian Flag Indonesia (FFI).

“Untuk menjaga imunitas, kita memerlukan beragam asupan gizi, salah satunya protein hewani yang tentunya dikonsumsi sesuai dengan pedoman gizi seimbang. Protein hewani dengan kandungan asam amino esensial memiliki bermacam fungsi, salah satunya untuk memperbaiki sel yang rusak serta menjaga imunitas. Sumber protein hewani dapat ditemui dari berbagai sumber, misalnya susu dan telur,” jelas Bapak Ahmad Syafiq, M.Sc., Ph.D, Ketua Pusat Kajian Gizi dan Kesehatan (PKGK) FKM Universitas Indonesia. Selain protein hewani, vitamin dan mineral serta air juga tidak boleh dilupakan.

Ia menambahkan, bahwa susu, bersama dengan telur, merupakan salah satu sumber protein hewani terbaik karena mudah diserap tubuh dan komposisi asam amino esensialnya lengkap.

“Susu juga mengandung beberapa sumber zat gizi penting untuk mendukung berfungsinya sistem imun, seperti asam amino esensial, vitamin B6 (piridoksin), vitamin B12 (kobalamin), zinc, selenium, dan vitamin D3. Vitamin D3 sangat baik kita konsumsi di bulan puasa ini karena dapat membantu proses penyerapan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh saat kita berpuasa seharian penuh. Selain dari makanan, paparan sinar matahari pagi juga penting karena membantu mengubah pro vitamin D dalam tubuh kita menjadi vitamin D,” katanya.

Selain asupan gizi, olahraga juga penting untuk membuat tubuh bugar sehingga imunitas bekerja secara optimal. “Dengan waktu di rumah yang lebih banyak saat tidak bekerja, kita punya lebih banyak waktu untuk berolahraga dengan gerakan-gerakan sederhana atau beraktifitas fisik bersama pasangan dan anak-anak,” saran seorang dokter, influencer sekaligus pegiat olahraga dr. Falla Adinda.

Pentingnya Mengelola Stres

Saat ini, masyarakat memasukikehidupan yang ‘nggak normal’. “Hal-hal yang sebelumnya tidak biasa, kini menjadi biasa. Tinggal di rumah 24 jam, bekerja dan sekolah dari rumah, bertemu orang yang sama terus menerus, atau di beberapa keluarga bahkan harus diam di ruangan yang tidak terlalu luas. Perubahan ini berpotensi menimbulkan kejenuhan bahkan stres yang akan sangat mempengaruhi imunitas tubuh,” ungkap Psikolog Rosdiana Setyaningrum, MPsi, MHPEd.

Nah,cara terbaik untuk menghindari stres ini, katanya adalah dengan menikmati kebiasaan baru dan mengubah cara berpikir. Hal ini dapat disepakati dengan membuat rule of game baru dan disepakati bersama, melakukan apa yang kita sukai secara individual dan memilih kegiatan yang dapat dikerjakan bersama sehingga orangtua tidak stres dan anak-anak senang berada di dekat Ayah dan atau Bundanya.

Ya, rasa bahagia yang hadir di tengah keluarga adalah permulaan yang sangat baik untuk membangun keluarga kuat Indonesia.

Terkait hal ini, Frisian Flag Indonesia akan terus menyampaikan informasi baik bagi masyarakat Indonesia melalui rangkaian diskusi online bertajuk #JagaGiziKita #JagaGiziMereka lainnya untuk menghadirkan pakar mengangkat isu seputar gizi dan gaya hidup saat ini.

“Melalui forum diskusi ini, FFI berharap dapat memberikan mengenai asupan gizi seimbang dan pola asuh keluarga di saat penerapan PSBB ini. Hal ini sejalan dengan salah satu visi perusahaan yaitu menyediakan produk bernutrisi yang baik bagi keluarga Indonesia,” tutup Bapak Andrew.

(Foto: Istimewa)

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *