Dalam dua tahun terakhir, UMKM (usaha mikro, kecil, dan menengah) membuktikan dapat menjadi salah satu penggerak utama perekonomian Indonesia. Sebanyak 64,19 juta UMKM di Indonesia mampu memberikan kontribusi terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) Nasional sebesar 61,97 persen atau senilai Rp 8,6 triliun pada 2021. UMKM juga menyerap 119,6 juta atau 97 persen dari total tenaga kerja di Indonesia.

Terkait dengan kemajuan UMKM, pemerintah juga mengajak masyarakat untuk mencintai produk dalam negeri dengan dengan membeli dan mengonsumsi produk-produk UMKM lokal.

Terkait hal tersebut, Wings Group Indonesia, mendukung gerakan nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI) yang dicanangkan oleh Pemerintah Republik Indonesia, melalui Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi dan Kementerian Perdagangan. Gerakan berkelanjutan penguatan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) tersebut merupakan salah satu bentuk nyata guna memperkokoh pilar perekonomian nasional di Indonesia. Wings Group Indonesia turut memberikan kontribusinya melalui berbagai bentuk dukungan, di antaranya memberikan apresiasi sebesar 50 juta rupiah untuk lima UMKM Champion Bangka Belitung, mengadakan fun run bersama ISOPLUS, dan cooking class Kecap Sedaap bersama Nicky Tirta.

“Sebagai perusahaan yang lahir dan tumbuh besar di Indonesia, kami merasa bangga dapat membantu memperkuat pilar ekonomi nasional, khususnya kali ini melalui penguatan UMKM di Bangka Belitung,” ucap Gabriella da Silva, Head of Public Relations Wings Group Indonesia.

Penyerahan Pemenang UMKM Champion Bangga Buatan Indonesia Bangka Belitung oleh Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga

Dalam sambutannya, Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan berharap agar lebih banyak produk lokal Indonesia dapat merambah pasar global lebih luas lagi. “Terima kasih atas peran dari berbagai pihak yang menunjukkan semangat BBI dan Bangga Wisata Indonesia (BWI), terlebih bertepatan dengan hari kebangkitan nasional yang juga menjadi momentum dari kebangkitan UMKM di Indonesia. Mari kita tunjukan cahaya Bangka Belitung pada dunia dan mari kita sukseskan laskar UMKM Bangka Belitung mendunia,” ujar Luhut.

Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga mengatakan, BBI harus diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. “Implementasi jangan hanya slogan, tetapi perlu kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Kita gunakan produk lokal untuk memajukan UMKM Indonesia,” terangnya.

Gelar Fun Run

Penguatan pilar ekonomi nasional dapat dilakukan dengan lebih mudah jika para pelaku UMKM dan masyarakat Indonesia memiliki kondisi kesehatan yang baik. Oleh karena itu, Wings Food melalui merek minuman isotoniknya, ISOPLUS, mendukung pelaksanaan kegiatan Fun Run berjarak 5 km dengan rute looping Pantai Tanjung Kelayang – Simpang Tugu Perahu dan arah Tanjung Tinggi – Pantai Tanjung Kelayang. Gerakan tersebut diikuti oleh masyarakat sekitar dengan total peserta mencapai 1.000 orang.

Fun Run diikuti oleh masyarakat sekitar dengan total peserta mencapai 1.000 orang

Tak hanya itu, Wings Food melalui merek Kecap Sedaap, juga turut mengadakan cooking class dengan menghadirkan celebrity chef Nicky Tirta. Pada kesempatan tersebut, chef Nicky Tirta memberikan Inspirasi dalam menyajikan kuliner khas nusantara dengan cara yg berbeda, yaitu Ravioli Lempah Kuning yang hadir sebagai masakan fusion dari hidangan khas Belitung (lempah kuning/ ganggan) dipadukan dengan masakan khas Italia. Nicky juga membagikan tips dan trik dalam menciptakan kreasi masakan lezat ini kepada para pengunjung pameran dari menggunakan ikan laut agar rasanya semakin gurih hingga Kecap Sedaap sebagai pelengkap agar setiap masakan semakin nikmat.

Cooking class bersama Chef Nicky Tirta

Dengan mencintai dan membeli produk-produk buatan Indonesia, serta bangga untuk menggunakan atau mengkonsumsi produk tersebut, artinya kita turut mendukung penguatan ekonomi nasional dan membantu menyokong kehidupan jutaan masyarakat Indonesia, terutama para pelaku UMKM.

Foto: Ist

 

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *