Di film kartun, teman-teman pasti pernah menemukan, ada tokoh yang baik dan ada pula tokoh yang jahat. Begitu juga halnya dengan bakteri.

Jika selama ini teman-teman beranggapan bahwa bakteri bisa menimbulkan penyakit, ternyata ada juga lho bakteri yang menyehatkan (bakteri baik).

Bakteri baik ini mampu melawan bakteri yang merugikan (bakteri jahat), sehingga tubuh kita menjadi sehat. Wah, seru ya? Seperti pertempuran di film saja.

Probiotik=Bakteri Baik

Teman-teman pasti pernah mendengar istilah Probiotik. Probiotik adalah mikroorganisme hidup yang dapat memberikan efek baik atau kesehatan pada organisme lain atau induknya.

Mikroorganisme tersebut berupa bakteri baik untuk usus, yaitu: BAL (bakteri asam laktat). Bakteri asam laktat ini, baik untuk usus karena mampu menghambat pertumbuhan bakteri jahat yang berada di usus seperti; E. coli, Salmonella, dan lainnya.

Dr. Minoru Shirota

Pada tahun 1930, Dr. Minoru Shirota peneliti pertama di dunia asal Jepang, berhasil mengisolasi mikroflora usus asam laktat Lactobacillus casei Shirota Strain. Bakteri yang biasa disebut dengan L. casei Shirota Strain ini bisa menekan pertumbuhan bakteri merugikan dalam usus manusia, sehingga disebutlah dengan istilah bakteri baik.

Probiotik atau bakteri baik yang ada dalam makanan dan minuman, akan menjaga keseimbangan bakteri di usus. Dengan demikian, usus dapat terhindar dari infeksi sehingga kekebalan tubuh meningkat dan tubuh menjadi sehat.

Lewat Makanan

Teman-teman bisa mendapatkan bakteri baik ini lewat makan makanan yang bergizi seperti sayur-sayuran, buah-buahan, daging, ikan, kacang-kacangan, yoghurt, susu, dan lain sebagainya.

Anak-anak juga membutuhkan probiotik dalam tubuh mereka. Bahkan bayi yang baru lahir pun sudah mendapatkannya lewat cairan ASI yang pertama kali keluar (kolostrum).

Cairan kolostrum dapat membunuh bakteri patogen, sehingga mikroflora normal langsung akan membentuk koloni di usus.

Penggunaan probiotik sendiri tidak menimbulkan efek samping karena bila berlebih, secara otomatis akan dibuang oleh usus. (JFK)

 

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *