Tanya : Halo Dokter, namaku Riri saat ini usiaku 7 tahun. Aku paling suka pasta gigi yang rasa anggur. Saat gosok gigi kadang-kadang pasta giginya suka aku telan. Bahaya tidak sih, dok, kalau pasta gigi itu tertelan? Terima kasih. Riri, 1 SD – Depok

Jawaban dokter Stella:
Halo Riri, salam kenal. Salah satu cara menjaga kesehatan gigi yaitu dengan sikat gigi dua kali sehari pagi dan malam sebelum tidur menggunakan pasta gigi berflorida. Kenapa ber-florida, karena bermanfaat untuk memperkuat lapisan gigi kita sehingga gigi tidak mudah berlubang, namun perlu diketahui bahwa segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik, termasuk juga florida. Terlalu banyak florida menyebabkan adanya bercak-bercak putih pada gigi yang disebut sebagai fluorosis, hal ini menyebabkan warna gigi menjadi belang dan kurang indah dipandang. Selain itu, jika asupan florida berlebihan dalam jangka waktu panjang dapat melemahkan otot dan tulang serta menyebabkan gangguan sistem saraf.
Perlu diketahui bahwa florida tidak hanya ada dalam pasta gigi tetapi juga sudah ada dalam makanan yang kita makan sehari-hari, misalnya udang, kepiting, serta sayuran seperti selada dan kol. Nah, cukup gunakan pasta gigi sebesar biji kacang polong saja. Jika saat sikat gigi ada pasta gigi yang sedikit tertelan secara tidak sengaja tidak apa-apa, namun jangan menelan pasta gigi dengan sengaja, ya.

Konsultan: 

drg. Stella Lesmana, Sp. KGA
Dokter Spesialis Kedokteran Gigi Anak
RS Pondok Indah – Pondok Indah, Jakarta Selatan

(Ilustrasi : Agung)

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *