Small Step Big Impact” atau “Langkah kecil untuk Kebaikan Masa Depan”. Ya, memulai dari yang kecil, namun dampaknya sangat penting untuk masa depan. PZ Cussons Indonesia mengajak masyarakat mulai membuat perubahan melalui langkah-langkah kecil dan positif sejak usia dini. Salah satunya, edukasi lewat siswa-siswi sekolah dasar.

Adapun kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan kedepannya memiliki fokus pada 3 pilar utama yaitu pendidikan, kebersihan, dan kepedulian dalam mengelola sampah plastik di Indonesia. Melalui langkah-langkah kecil tersebut, diharapkan kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan akan memberikan keberlangsungan kehidupan yang lebih baik bagi generasi mendatang.

Menurut Dr. Imran Agus Nurali, Sp. KO selaku Direktur Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat, “Kesiapan belajar satuan pendidikan kesehatan dan keselamatan peserta didik, pendidik, tenaga kependidikan, keluarga, dan masyarakat merupakan prioritas utama dalam menetapkan kebijakan PTM terbatas. Saat ini pemerintah semakin intensif melakukan sosialisasi pemicuan cuci tangan pakai sabun (CTPS). Praktik CPTS merupakan poin penting dalam mengubah perilaku di masa depan dimana kita diharuskan untuk menyambut hidup normal yang baru”.

“PZ Cussons terus berupaya untuk menggandeng partner yang mempunyai visi dan misi yang sejalan. Saat ini, mengacu pada arahan dari pemerintah dalam mendukung pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas yang kian penting untuk menghindarkan generasi muda Indonesia dari learning loss atau penurunan capaian pembelajaran, sebagai bisnis kami merasa sudah menjadi peran kami agar dapat bekerjasama mendukung misi tersebut dan bergerak bersama masyarakat demi mencapai situasi kondusif dalam transisi menuju dunia dengan normal yang baru,” ujar Corporate Communications PZ Cussons Indonesia, Elly Mustrianita.

PZ Cussons bekerja sama dengan Bank DKI, melakukan edukasi bersama terkait Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), serta Protokol Kesehatan dalam upaya mendukung Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) dan Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta. Rangkaian edukasi ini merupakan perpanjangan dari inisiatif Small Steps Big Impact dimana PZ Cussons dan Bank DKI akan membagikan hygiene kit dan juga materi edukasi bagi siswa dan siswi usia sekolah dasar.

Secara berkelanjutan, program ini mendorong siswa dan siswi agar lebih sadar akan pentingnya menjaga kebersihan diri dan lingkungan, melalui PHBS serta menerapkan protokol kesehatan, baik di lingkungan rumah dan sekolah. Program ini diharapkan menjadi bagian dari adaptasi cara hidup baru, serta memotivasi sikap positif dan semangat dalam belajar yang dikemas secara menarik dan edukatif.

Sekretaris Perusahaan Bank DKI, Herry Djufraini menyambut baik inisiatif berkelanjutan yang diusung PZ Cusson melalui program “Back To School” dengan menyediakan paket perawatan kebersihan tubuh dan mengedukasi pentingnya menjaga kebersihan lingkungan.

“Secara prinsip, kami mendukung penuh program tersebut yang selaras dengan upaya kami dalam mewujudkan kepedulian lingkungan melalui pemanfaatan sampah yang dapat di recycle/daur ulang kembali melalui program JakOne Artri. Dengan aplikasi JakOne Artri dari Bank DKI, diharapkan para nasabah dan masyarakat dapat meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan melalui pengelolaan sampah yang masih bisa memberikan nilai ekonomi melalui aktivitas R3 (reduce, reuse, dan recycle) serta didukung dengan aplikasi yang modern. Dengan adanya kolaborasi ini, kami harap, masyarakat bisa lebih tergerak untuk ikut mendukung gerakan sadar sampah sambil mendapatkan nilai tambah ekonomi secara digital,” kata Bapak Herry.

“Oleh karena itu, kami juga lakukan edukasi literasi keuangan sejak dini yaitu tentang pentingnya menabung. Selama ini kita sudah ada program literasi tabungan simpel yang dibuat gratis untuk semua siswa-siswi sekolah dasar di DKI Jakarta. Literasi keuangan sangat bermanfaat untuk kita semua, khususnya para peserta didik yang ada di Jakarta. Jadi lengkap, ada edukasi literasi keuangan yaitu menabung sejak dini hingga edukasi kesehatan dan kebersihan,” tambah Bapak Muhammad Fatahillah S. Kom, Pimpinan Divisi Penjualan Dana dan Transaksional Bank DKI.

Riza Rahman, Head of Marketing Asia PZ Cussons Indonesia.

“Pada periode Desember 2021-Februari 2022, PZ Cussons berupaya melakukan pelatihan mengenai kebersihan tubuh dan kepedulian terhadap lingkungan dan juga pendidikan emosional menghadapi PTM bagi siswa dan siswi SD  terhadap setidaknya 12.500 siswa di 28 SD Negeri di Jakarta. PZ Cussons juga menyalurkan 12.500 hygiene kit berisikan produk Cussons Kids dan Carex yang dapat digunakan oleh siswa dan siswi untuk memperkuat proteksi terhadap kuman dan virus agar mereka dapat melalui hari-hari dengan lebih aman, bersih, dan terlindungi ketika bersekolah. Kedepannya, tentu saja kami juga akan lakukan program ini ke sekolah-sekolah di daerah dengan format yang berbeda,” terang Head of Marketing Asia PZ Cussons Indonesia, Riza Rahman.

Memelihara kebersihan siswa dan siswi dalam mempersiapkan mereka kembali bersekolah perlu dijaga, dimulai dari kebiasaan di rumah, berangkat ke sekolah hingga waktu mereka kembali ke rumah. Untuk memastikan siswa dapat terus menjaga kebersihan tangan mereka ketika beraktivitas di sekolah, Carex membantu memberi perlindungan lebih pada tangan agar tetap higienis dan terlindung dari kuman. Selain daripada itu, Cussons Kids dengan rangkaian produk Cussons Kids Shampoo dan Cussons Kids Body Wash dapat membantu memastikan anak-anak mandi dengan bersih sepulangnya dari sekolah sehingga siap untuk beraktivitas kembali di dalam rumah bersama keluarga.

“PTM terbatas berbeda dengan masuk sekolah normal, atau pada umumnya. Didukung dengan protokol kesehatan yang ketat dan juga edukasi mengenai pentingnya menjaga jarak, kebersihan dan sifat saling menjaga antar guru dan siswa, harapannya PTM terbatas dapat menjadi solusi ke arah yang baik dalam mencegah learning loss dan juga kekurangan yang belum dapat dipenuhi dalam Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Selain itu PTM ini juga diperlukan untuk mengurangi dampak  kesenjangan capaian belajar yang merupakan akibat dari perbedaan akses dan kualitas selama pembelajaran jarak jauh terutama untuk anak dari sosio-ekonomi berbeda,” jelas Bapak Purwosusilo, S.Pd, M.Pd,  Wakil Kepala Dinas Pendidikan.

“Edukasi yang dilakukan oleh PZ Cussons bersama Bank DKI sangatlah bermanfaat untuk memperkuat pemahaman pada para peserta didik kami. Tentang cara hidup sehat dan bagaimana mengolah sampah yang baik. Di masa mendatang kami berharap kegiatan ini terus dilaksanakan sehingga menjadi budaya peserta didik kami untuk melaksanakan pola hidup sehat dan menjadi pembiasaan di sekolah,” tutur Ibu Rumiyati, S.Pd., M.Pd., Kepala Sekolah SDN Percontohan Bendungan Hilir 12 Pagi, Jakarta.

PZ Cussons berharap inovasi-inovasi dan langkah-langkah yang telah berjalan dalam rangka menjaga keberlangsungan hidup manusia dan lingkungan dapat menginspirasi generasi-generasi penerus. Jadi, mari kita mulai melakukan langkah kecil bersama untuk mewujudkan lingkungan dan generasi masa depan Indonesia yang lebih baik #SmallStepBigImpact.

Foto: Novi

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *