Ayo, Lakukan Semua Sendiri!

Seiring bertambah umur, harusnya kita sudah bisa melakukan semuanya sendiri. Tak perlu lagi bergantung dengan orang lain, termasuk orangtua. Tapi, bagaimana caranya menjadi anak mandiri, ya?

Menurut Kak Pramudita Tungga Dewi, psikolog, kita harusnya sudah melatih kemandirian sejak usia 3 tahun, Kids. Kemandirian yang dimaksud adalah melakukan kegiatan apapun sendiri tanpa bantuan orang lain. Misalnya, kita ingin mandi, tak perlu lagi dimandikan oleh Ayah, Bunda, atau Mbak di rumah. Atau misalnya kita ingin makan, jangan lagi minta disuapin, Kids.

Jangan Bergantung Kepada Orangtua

Ehmm… Memang apa pentingnya menjadi anak mandiri? Nah, Kak Dita punya alasan sendiri. “Anak-anak harus mengerti bahwa suatu saat nanti ketika sudah besar, kemungkinan tak akan selalu didampingi atau tinggal bersama orangtua atau keluarga,” tutur Kak Dita. Nah, kalau sudah begitu keadaannya, kita nggak perlu takut lagi melakukan segala sesuatunya sendiri. Jadi, penting menjadi anak mandiri, kan?!

Mandiri Untuk Diri Sendiri

Menjadi anak mandiri sebenarnya bukan untuk menyenangkan orangtua, guru, atau orang lain, Kids. Justru dengan belajar menjadi anak mandiri, untuk kepentingan kita sendiri. Bila semua sudah bisa dilakukan sendiri saat kita masih anak-anak, maka nantinya bila kita dewasa akan menjadi pribadi yang tak selalu bergantung kepada orang lain. Bayangkan bila kita sudah terbiasa dibantu orangtua, lalu saat sekolah nanti harus tinggal di asrama dan terpisah dari orangtua. Pasti, kita bakalan takut dan tak bisa mandiri tinggal sendiri seperti itu.

Keuntungan Menjadi Anak Mandiri

Menurut Kak Dita, ada beberapa keuntungan menjadi anak mandiri, di antaranya adalah;

  1. Kita menjadi lebih percaya diri. Sebab, karena sudah bisa melakukan segalanya sendiri.
  2. Kita menjadi lebih terlatih untuk belajar bertanggungjawab.
  3. Kita jadi belajar untuk bisa memecahkan masalah dan mencari solusinya.
  4. Tidak gegabah setiap melakukan sesuatu. Sebab, dengan mandiri, kita akan berpikir terlebih dulu sebelum melakukan sesuatu.
  5. Lebih kreatif. Karena tidak bergantung dengan orang lain, kita jadi bisa kreatif dalam melakukan tindakan, Kids.

Begini Caranya Menjadi Anak Mandiri

Mau jadi anak mandiri? Ayo ikuti saja cara-caranya berikut ini;

  • Harus percaya diri!

Sebelum mengambil tindakan, yakinkan dulu bahwa kita bisa, Kids! Dengan percaya kepada diri sendiri, kita pasti bisa melakukan segalanya sendiri, deh.

  • Jangan takut mencoba

Untuk pertama kalinya, pasti kita bakalan dikelilingi rasa takut. Tenang saja, itu wajar, kok. Yang penting, kita harus menghilangkan rasa takutnya terlebih dulu. Kalau masih belum yakin, mintalah kepada orangtua untuk mengawasi.

  • Jangan takut gagal

Orang sukses pasti pernah mengalami kegagalan. Nah, kalaupun kamu mengalami kegagalan saat melakukan sesuatu, jangan sedih dan kecewa. Coba dan coba lagi hingga kamu bisa sendiri.

  • Berilah hadiah untuk diri sendiri

Nah, kalau kita sudah bisa sedikit demi sedikit melakukan tindakan yang tadinya tidak bisa sama sekali, kita harus bangga. Kasih hadiah buat diri sendiri, seperti makanan kesukaan atau bermain sepuasnya.

  • Lakukan yang sederhana dulu

Tak perlu lakukan hal-hal yang susah dulu, Kids. Lebih baik, lakukan tindakan sederhana, seperti, mencuci piring, membersihkan kamar dan tempat tidur, menyiapkan pakaian sekolah, dan lain-lain. (JFK/Nov)  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *