Kids, ternyata matahari itu banyak sekali kegunaannya lho. Salah satunya adalah mampu menghadirkan listrik yang berguna bagi kita. Melalui Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS), kita dapat memperkecil dampak buruk terhadap lingkungan. Bandingkan saja dengan dampak buruk yang diakibatkan penggunaan bahan lain, seperti rusaknya lapisan ozon. Sinar matahari yang tanpa batas dan tak kan pernah habis, menjadi keunggulan untuk dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik.

Sebenarnya, cara kerja pembangkit listrik tenaga surya cukuplah sederhana. Prosesnya hanyalah mengubah cahaya matahari menjadi energi listrik.Sinar matahari akan ditangkap oleh sel surya, yang akan mengubah cahaya menjadi listrik. Dalam prosesnya, sel surya tidak membutuhkan bahan bakar dalam menghasilkan listrik. Sistem sel surya terdiri dari panel sel surya, rangkaian kontroler pengisian (charge controller), dan aki (baterai) 12 volt. Saat siang hari, di mana cahaya matahari bersinar, saat itulah proses pengisian aki sedang berlangsung. Sebaliknya, ketika malam hari tiba, maka proses pengisian aki akan berhenti. Barulah listrik dapat dihasilkan dari aki tersebut.

Kini, banyak sekali peralatan yang menggunakan cahaya matahari sebagai pembangkit listriknya. Bila kamu melihat atap rumah, terdapat sebuah benda tipis berbentuk persegi panjang, maka itulah yang disebut panel sel surya. Biasanya, cahaya matahari digunakan untuk tenaga pemanas air di dalam rumah. Bahkan, ada pula mobil yang menggunakan cahaya matahari sebagai tenaganya. Tepat di atap mobilnya itu juga terdapat panel surya untuk menangkap sinar matahari tanpa batas. Tak hanya itu saja, sekarang bila kamu lihat lampu lalu lintas di beberapa kota khususnya Jakarta, ada lampu lalu lintas tenaga surya. Sehingga, tak ada lagi keluhan macet di perempatan jalan, hanya gara-gara listrik mati. Berkat adanya cahaya matahari, maka lampu lalu lintas itu akan selalu menyala. Di rumahmu, apakah ada peralatan yang menggunakan cahaya matahari? (JFK / DRW Ilustrasi : Fika Nadja)

 

 

 

 

 

You may also like
Latest Posts from

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *