Ayo Berani Imunisasi

“Aku nggak mau diimunisasi, aku takut disuntik,” ujar Nana ketakutan. Itulah yang dialami tokoh utama dalam buku Seri Anak Sehat berjudul “Nana Imunisasi” karya dr. Vicka Farah Diba, M.Sc., Sp.A.  Apakah kalian juga seperti Nana?

Cegah Penularan Penyakit

Memang benar, sebagian anak merasa takut kalau ada program imunisasi di sekolah. Alasannya, sama seperti Nana, takut disuntik.  Sebenarnya, imunisasi tidak begitu menyeramkan seperti yang dibayangkan Nana. Memang, kita akan merasa seperti digigit semut begitu disuntik, tapi itu tak seberapa dengan manfaat yang akan kamu dapatkan, Kids.

Anak SD seperti kamu perlu melakukan imunisasi untuk mencegah berbagai penularan penyakit. Jadi, dokter akan memberikan vaksin melalui suntikan. Fungsinya untuk merangsang pembentukan kekebalan tubuh (antibodi) spesifik untuk melawan penyakit akibat virus atau bakteri.

Bahasa Sederhana

Buku ‘Nana Imunisasi’ berisi pengetahuan seputar imunisasi lanjutan untuk usia Sekolah Dasar. Dilengkapi dengan ilustrasi yang sangat menarik dan berwarna-warni. Tokoh Nana digambarkan sebagai anak perempuan berambut panjang yang sangat lucu dan menggemaskan.

Kalian akan disuguhkan penjelasan dokter dengan bahasa yang mudah dipahami. Membaca buku ini, kalian akan digiring untuk paham bahwa imunisasi sangat penting untuk dilakukan. Apa saja fungsinya, mengapa dilakukan dan apa kerugian bila tidak melakukan imunisasi. Dilengkapi pula dengan jadwal imunisasi lanjutan untuk anak usia SD, misalnya imunisasi campak untuk anak kelas 1 SD pada bulan Agustus, imunisasi Td (Tetanus difteri) untuk anak kelas 2 SD pada bulan November, dan sebagainya.

Persiapan Imunisasi

Kalian juga akan dijelaskan bagaimana mempersiapkan diri sebelum imunisasi, Kids. Seperti, pastikan kamu dalam keadaan sehat saat akan di-imunisasi. Dan, tak perlu cemas bila ada efek samping lokal seperti nyeri atau bengkak. Itu wajar, kok, dan akan sembuh dalam hitungan hari.

Nah, Kids, demi kesehatan, yuk berani imunisasi. Lakukan sesuai jadwal, ya!

Judul Buku : Nana Imunisasi 
Halaman    : 24 halaman
Warna      : Full Colour
Penulis    : dr. Vicka Farah Diba, MSc., Sp.A
Ilustrasi  : Bella Ansori 
Penerbit   : Erlangga for Kids
You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *