Keluargamu terbiasa sarapan tidak, Kids? Tapi, apakah sarapanmu sudah sehat? Nah, guna mendukung masyarakat menerapkan perilaku sarapan sehat dan gizi seimbang, Nestle kembali menggelar kampanye “Ayo Bangun Indonesia” melalui sarapan sehat. 

“Sarapan sehat adalah kegiatan makan dan minum sebelum jam 9 pagi,” buka Prof. Dr. lr. Hardinsyah yang seorang ahli gizi pada acara bincang-bincang Ayo Bangun Indonesia 2018 di kawasan car free day, Jakarta Pusat, Minggu (04/02).

Menu sarapan sehat, katanya, adalah yang mengandung karbohidrat, lauk pauk (protein), sayur, dan buah serta dilengkapi dengan minuman seperti air putih, jus, susu, atau teh.

Sayangnya, masih banyak masyarat Indonesia yang tidak sarapan. Kalaupun sarapan, belum memenuhi asupan gizi seimbang seperti di atas.

Kids, biasanya kamu dimasakin sarapan apa, nih, sama Mama? Sudahkah keluargamu menerapkan sarapan sehat dengan gizi seimbang? Prof. Hardinsyah bilang, bisa dilakukan dengan pedoman 6J, yakni:

  1. Jenis makanan dan minuman saat sarapan: karbohidrat, protein (lauk pauk), sayur, buah dengan minuman berupa antara lain air putih, susu, teh atau jus
  2. Jumlah pangan sesuai anjuran memenuhi sekitar 1/4 kebutuhan gizi harian
  3. Jadwal sarapan dalam kurun waktu dua jam setelah bangun tidur, dianjurkan sebelum jam 9 pagi
  4. Jurus mengolah: dianjurkan praktis dan menghemat waktu agar kandungan zat gizi pada makanan tidak banyak hilang
  5. Jurus menyiapkan: sajikan menarik dan bervariasi agar menggugah selera dan tidak bosan
  6. Jurus mengonsumsi: tidak makan tergesa-gesa, sambil berjalan atau berlari

O iya, agar Mamamu mudah menyiapkan sarapan sehat untukmu, Nestle menghadirkan solusi praktis berupa Nestlé Breakfast Box, lho.

Kotak bekal lucu ini terbagi atas 4 bagian, Kids. Masing-masing kotak ada namanya yakni: makanan pokok, lauk pauk, buah, dan sayuran. Isi menumu dengan sesuai ya, sehingga kalian bisa sarapan dengan gizi seimbang.

“Ayo Bangun Indonesia merupakan wujud komitmen Nestlé‘untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat menuju masa depan yang lebih sehat,” ujar Ibu Eka Herdiana, Market Nutritionist Nestlé Indonesia.

Kalau mau tahu lebih banyak soal sarapan sehat, kamu dan Mama bisa membaca buku ‘Mitos & Fakta Sarapan’ yang disusun oleh Pergizi Pangan Indonesia bekerja sama dengan Nestlé Indonesia.

Buku ini dapat diunduh di www.sahabatnestle.co.id mulai tanggal 7 Maret 2018. (Efa)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

1 Comment

  1. […] Baca juga  Ayo, Bangun Indonesia Melalui Sarapan Sehat […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *