“Arrrggghhh… tugas sekolahku hilaaaaaang,” teriak Uyung panik bercampur kesal. File dokumen tugas sekolah yang sudah diketik Uyung di komputer ternyata hilang entah ke mana. Hati-hati teman, pasti itu perbuatan si virus komputer yang nakal. Virus komputer sebenarnya adalah program yang dapat menggandakan atau menyalin dirinya sendiri dan menyebar ke dokumen di dalam komputer. Proses kerja virus komputer hampir sama dengan virus di dalam tubuh manusia yang tujuannya adalah merusak.

Virus pertama kali terdengar menyeramkan pada tahun 1986, saat virus merusak sistem komputer melalui penyebaran di dalam disket DOS yang digunakan. Ada beberapa macam virus yang harus kamu waspadai, di antaranya adalah:

  1. Worm, virus yang diam-diam menyebar di dalam komputer melalui halaman web (situs) internet yang kamu buka.
  2. Trojan, virus ini masuk ke dalam sebuah program dan langsung tersimpan di dalam memori komputer.
  3. Hacking, serangan atau pengambilalihan akun kamu di internet (facebook, IG, yahoo, dan lain-lain) oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Orang-orang ini biasa disebut dengan Hacker.
  4. Backdoor. Program ini akan mencuri data-data akun kamu di internet dan memberikannya kepada orang yang membuat virus.
  5. Spyware, Malware, dan Adware. Virus ini akan tampil di layar komputermu berupa promosi-promosi yang sangat mengganggu.
  6. Rogue dan Ransomware, program yang meniru antivirus dan menampilkan aktivitas seperti antivirus biasa dengan memberikan peringatan-peringatan kepada kamu. Dengan mengklik peringatan ini, maka secara tidak langsung kamu telah mengaktifkan virus atau memberikan uang kepada si pembuat virus ini.
  7. Virus telepon seluler. Virus ini khusus menyebar di telepon seluler sehingga menimbulkan berbagai kerugian, mulai dari merusak telepon seluler, mencuri pulsa, dan mencuri data-data telepon selulermu.

Sekarang, kamu sudah tahu kan macam-macam virus berbahaya?! Salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan memasang antivirus. Antivirus ini mampu menemukan virus yang tersimpan di komputer atau telepon selulermu dan langsung menghapuskannya sekaligus. Ada banyak merek antivirus yang bisa kamu beli atau unduh di internet secara gratis. Masing-masing merek itu punya kelebihannya masing-masing. Jadi, pilih yang sesuai dengan kebutuhanmu. Oya, kamu juga sebaiknya berhati-hati membuka halaman web (situs) di internet dan menggunakan USB flasdisk di komputermu. Jangan sembarangan ya! Bisa-bisa virus akan merusak komputer kamu. (JFK / DRW Ilustrasi : Fika Nadja)

You may also like
Latest Posts from

2 Comments

  1. bagaimana cara mengatasai virus ini?

    1. bagaimana cara mencegahnya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *