Pernah melihat benda warna putih mirip pesawat luar angkasa di atas gunung? Jangan panik dulu, ya, Kids. Itu cuma awan, kok.

Awan lenticular atau lenticular clouds adalah sejenis awan yang biasanya terbentuk di sekitar bukit atau pegunungan akibat pergerakan udara di kawasan tersebut. Mungkin kalian yang belum pernah melihatnya, akan terkejut melihat benda mirip pesawat luar angkasa atau pancake di atas gunung. Hihihi…

Kemunculan UFO

Awan ini dinamakan lenticularis yang artinya “berbentuk lensa”. Jenisnya pun ada beberapa, yaitu Altocumulus Standing Lenticularis (ASL) yang terjadi di dataran rendah, Stratocumulus Standing Lenticularis (SSL) pada ketinggian menengah, dan Cirrocumulus Standing Lenticularis (CCSL) pada ketinggian yang lebih tinggi dari atmosfer. Oleh karena bentuknya yang unik, kemunculan awan ini sering dihubungkan dengan UFO (Unidentified Flying Object) atau piring terbang, Kids.

Fenomena Langka

Penampakan awan ini bisa dibilang langka, lho. Karena mereka memerlukan gunung atau bukit dengan ketinggian tertentu serta kondisi meteorologi yang tepat. Umumnya, awan ini muncul pada ketinggian 8.000—20.000 kaki (2.438—6.096 meter). Bentuk awan lenticular memiliki pola unik sesuai dengan kecepatan angin dan bentuk gunung atau bukit tempat awan ini muncul.

Nah, kalau kalian berlibur ke daerah pegunungan dan melihat awan lenticular, jangan lupa untuk memotretnya, ya. Karena pemandangan langka itu jarang sekali bisa dinikmati semua orang.

 

Teks: JFK    Foto: Istimewa

You may also like
Latest Posts from

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *