Alam semesta ini diciptakan oleh pencipta-Nya selain indah juga komplet dan kokoh. Di beberapa planet yang ada di jagat raya khususnya bumi yang kita pijak, ternyata memiliki lapisan berupa gas yang ketebalannya mencapai angkasa sana. Gas yang menyelimuti bumi itu disebut atmosfer yang tersusun dari berbagai komponen antara lain nitrogen, oksigen, hydrogen, dan sebagainya yang tidak tampak dengan mata biasa.

Atmosfer memiliki beberapa lapisan yaitu troposfer, stratosfer, mesosfer, termosfer, dan eksosfer. Setiap lapisan memiliki fungsi yang berbeda-beda. Total ketebalannya mencapai kurang lebih 650 km dari atas permukaan bumi.

 

Bagaimana jika bumi tidak memiliki atmosfer?

Jawaban yang pasti, tidak akan ada kehidupan di dalamnya. Sebab salah satu manfaat atmosfer adalah menyediakan oksigen yang berguna bagi pernafasan makhluk hidup termasuk manusia. Tanpa oksigen manusia dan binatang tidak bisa hidup.

Manfaat berikutnya adalah melindungi bumi dari benda-benda angkasa yang jatuh ke bumi karena terkena daya tarik bumi. Setiap saat sebetulnya ada jutaan benda angkasa yang ingin menerobos yang siap menghantam ke bumi misalnya meteor. Tetapi karena ada atmosfer, mereka terbakar di tengah jalan hingga tidak sampai jatuh ke bumi.

 

Pelindung Panas

Atmosfer juga melindungi kita dari ganasnya sengatan sinar matahari. Sebab, sinar matahari mengandung radiasi ultraviolet yang sebetulnya sangat membahayakan makhluk hidup terutama bagi mata dan kulit yang sensitif. Jika tidak ada atmosfer maka bumi akan sangat terasa panas bahkan bisa membakar apa dan siapa saja.

 

Perubahan Cuaca

Atmosfer juga mempengaruhi adanya perubahan cuaca seperti awan, angin, salju, hujan, badai, topan, dan lain-lain. Peran lain atmosfer adalah kemampuannya menampung uap air. Jika tidak ada atmosfer maka seluruh air di permukaan bumi hanya akan mengumpul pada tempat yang paling rendah.

Sungai-sungai akan kering, seluruh air tanah akan merembes ke laut, sehingga air hanya akan mengumpul di samudera dan laut saja.

Terbaginya air oleh atmosfer  ini memberikan peluang bagi semua makhluk hidup untuk tumbuh dan berkembang di seluruh permukaan bumi.

Maha Sempurna yang menciptakan alam semesta ini.

 

You may also like
Latest Posts from

1 Comment

  1. terimakasi ilmu alam nya sangat informatif sekali, kita bisa tau kondisi cuaca yang di alami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *