Kalian pernah mengalami yang namanya alergi, Kids? Tiba-tiba saja kulit kalian mengalami bintik-bintik merah sehabis makan atau minum sesuatu? Nah, itu bisa jadi salah satu gejala alergi. Bagaimana cara mengatasinya?

Alergi adalah respons sistem kekebalan tubuh yang tidak normal mengenali bahan-bahan yang sebenarnya tidak berbahaya bagi tubuh. Misal, setelah makan telur, udang, kepiting, ataupun minum susu, timbul sesuatu yang tidak normal pada diri kalian. Contohnya timbul merah-merah di kulit, rasa gatal, gangguan pernapasan seperti asma ataupun gangguan pencernaan misal diare.

Alergi Susu Sapi

Tahukah, Kids? Ternyata, sebanyak 30-40 persen orang di dunia mengalami alergi, lho! Menurut data World Allergy Organization (WAO) dalam The WAO White Book on Allergy: Update 2013 dari 30-40% tersebut, 7,5% diantaranya adalah anak-anak yang memiliki alergi susu sapi. Padahal, anak-anak yang masih dalam masa tumbuh kembang, sangat membutuhkan protein sebagai salah satu komponen nutrisi seimbang untuk pemenuhan kebutuhan nutrisi dan kualitas kesehatannya di masa depan.

“Alergi susu sapi diakibatkan oleh respons sistem imun yang tidak normal terhadap protein susu sapi (whey dan kasein). Hal ini perlu menjadi perhatian karena susu adalah salah satu sumber protein yang dibutuhkan anak untuk tumbuh dan berkembang secara optimal. Disini, peran orangtua khususnya Ibu, sangat penting untuk mencegah dan menangani kondisi alergi, termasuk pemberian nutrisi yang tepat,” ujar Prof. DR. Budi Setiabudiawan, dr., SpA(k), M.Kes., Konsultan Alergi dan Imunologi Anak.

“Apabila si Kecil sudah terindikasi memiliki alergi susu sapi, ia tetap membutuhkan alternatif sumber protein untuk pemenuhan nutrisinya. Si Kecil dengan risiko alergi masih dapat mengonsumsi alternatif susu sapi, seperti susu pertumbuhan yang mengandung formulasi khusus terhidrolisis ekstensif, asam amino, susu dengan bahan dasar kedelai/soya,” tambah Prof. Budi.

Nah, dalam rangka mendukung World Allergy Week 2019 (7-13 April 2019), Sarihusada melalui brand SGM Eksplor Soya mengajak Bunda kalian untuk mengenali sejak dini gejala dan cara mengatasi risiko alergi pada si Kecil melalui kampanye #BundaTanggapAlergi dengan melakukan gerakan 3K: Kenali, Konsultasikan, dan Kendalikan. Dengan demikian, anak yang memiliki alergi susu sapi tetap bisa tumbuh sehat dan menjadi Anak Generasi Maju.

Alergianak.com

“Yuk, atasi risiko alergi pada si Kecil dengan melakukan gerakan 3K, yaitu: Kenali risiko dan gejalanya, Konsultasikan ke dokter agar si Kecil mendapat penanganan yang tepat, dan Kendalikan penyebab alergi dengan nutrisi yang tepat agar si Kecil bisa tetap tumbuh dengan optimal. Kami juga sediakan kanal informasi untuk berbagi pengalaman, tes risiko dan gejala alergi, serta berkonsultasi dengan dokter spesialis alergi melalui www.alergianak.com. Kami percaya seluruh anak Indonesia, dengan dan tanpa alergi, bisa berkembang dan bertumbuh menjadi anak generasi maju, tentunya dengan edukasi serta solusi nutrisi yang tepat,” terang Ibu Meutia Athaya, Brand Manager Allergy Care Sarihusada.

“Kami berharap alergianak.com yang berdiri sejak tahun 2017 bisa menjadi pusat informasi alergi anak nomor satu di Indonesia. Pada awal Mei 2019, kami juga akan meluncurkan Facebook Page Soya untuk Generasi Maju dimana para Bunda bisa berbagi informasi mengenai alergi si Kecil, serta memperoleh informasi mengenai solusi nutrisi yang tepat bagi anak yang terkena alergi protein susu sapi,” tambah Ibu Mediana Herwijayanti, Digital Marketing Manager Sarihusada. “Diharapkan, dengan edukasi yang tepat dan tetap terpenuhinya kebutuhan gizi seimbang, Si Kecil dengan alergi susu sapi tetap bisa tumbuh sehat dan berkembang menjadi pribadi yang tumbuh tinggi dan kuat, percaya diri, cerdas dan kreatif, mandiri, dan supel,” tambahnya lagi.

Pengalaman anak alergi ternyata juga dirasakan artis Natasha Rizky. “Anak perempuan saya yang nomor 2, Miska mengalami alergi susu sapi sejak usia satu tahun. Awalnya bintik-bintik merah dan diare sampai 2 hari. Saya langsung cari informasi di internet. Lalu bersama suami saya putuskan untuk berkonsultasi ke dokter dan ternyata anak saya alergi protein pada susu sapi. Solusinya, saya berikan dia susu soya,” ujar ibu tiga anak yang akrab disapa Acha.

13 Juta Ibu

Untuk diketahui, sejak pertama kali diluncurkan pada tahun 2016, Sarihusada dengan Kampanye #BundaTanggapAlergi telah berhasil mengedukasi lebih dari 13 juta Ibu melalui website alergianak.com, seminar awam mengenai alergi di fasilitas kesehatan, serta menayangkan iklan layanan masyarakat. Selain itu, Sarihusada juga rutin melakukan edukasi tentang alergi ke para bidan melalui seminar, aktivitas Mini MOBI di lebih dari 10 ribu titik di Indonesia, serta edukasi melalui platform digital.

“Kami berharap melalui kampanye #BundaTanggapAlergi dengan Gerakan 3K, para Bunda semakin memahami mengenai alergi dan alergi susu sapi pada si Kecil, apa penyebab dan bagaimana menanganinya, dan tetap bisa mendukung kebutuhan pertumbuhan si Kecil melalui nutrisi yang tepat,” tutup Ibu Athaya.

Foto: Istimewa

 

 

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *