Ini adalah pengalaman pertama Nesha mengunjungi Museum Nasional dan Museum  Bank Indonesia. “Pengalaman yang menyenangkan!” kata Nesha. Selain dapat pengalaman, juga dapat teman baru.

Ya, hari Sabtu, 29 Juni 2019 lalu, Nesha yang ditemani Bundanya bersama 200 peserta lain, diajak Orami mengelilingi museum di Jakarta dengan naik bus city tour. Orami.co.id sebelumnya Bilna.com adalah market leader situs e-commerce untuk produk Ibu dan bayi. Pada tahun 2018, Orami.co.id berkembang menjadi sebuah solusi menyeluruh bagi Moms dengan diluncurkannya komunitas online & offline serta konten tertulis dan video.

Acara yang diadakan oleh tim Orami Community ini digelar dalam rangka merayakan Hari Ulang Tahun Kota Jakarta yang ke-492. Bertema “Jelajah Jakarta: Keliling Kota Jakarta dan Museum dengan Jakarta City Tour Bus”, mereka menargetkan 100 orang Ibu dan anak. Namun ternyata, penjualan tiket melebihi dari target, Kids. Membuktikan bahwa antusias orangtua yang ingin mengajak anaknya bepergian, sangatlah tinggi. Apalagi ketika tahu kalau destinasi wisatanya adalah sarana yang juga mendidik yaitu museum.

Menurut Ibu Bunga Mega, Head of Community Orami, acara ini diadakan untuk mengajak anak-anak mengenal kebudayaan dan sisi lain Kota Jakarta. Tak hanya itu, melalui pengalaman seru selama berjalan-jalan keliling Kota Jakarta, membuat ikatan (bonding) antara orangtua dan anak juga lebih erat.

Acara satu hari penuh ini dilangsungkan di beberapa titik wisata Ibukota. Dimulai dengan registrasi peserta yang dilakukan di lobby Mall fX Sudirman pada pukul 08:00–09:00 WIB. Total peserta yang mencapai 200 orang lebih ini kemudian dibagi ke dalam 5 kelompok yang dipimpin oleh masing-masing laison office (LO). Sekitar pukul 09:30 – 10:30, satu per satu kelompok Orami Jelajah Jakarta mulai berangkat dengan berjalan kaki menuju halte bus Transjakarta yang tidak jauh dari fX Sudirman.

Di museum Nasional anak-anak belajar berbagai hal mulai dari zaman prasejarah, geografi, etnografi, dan masih banyak lagi.

Destinasi pertama adalah mengunjungi Museum Nasional yang dipandu oleh tour leader. Tour leader menjelaskan berbagai hal di dalam museum. Di sini, anak-anak bisa belajar berbagai hal mulai dari zaman prasejarah, geografi, etnografi, dan masih banyak lagi.

Rasa ingin tahu yang tinggi dari anak-anak akan tersalurkan berkat benda-benda di dalam Museum Nasional yang jarang mereka lihat sehari-hari, mulai dari prasasti, arca, benda-benda zaman dahulu, sampai diorama manusia purba. Tentunya orangtua bisa pula berperan sebagai media yang efektif untuk menjelaskan pada anak dengan bahasa yang mudah dipahami.

Destinasi kedua adalah Museum Bank Indonesia. Para peserta menuju Museum Bank Indonesia dengan menaiki bus tingkat. Di Museum Bank Indonesia ini, anak-anak bisa melihat sejarah pembangunan museum, melalui sinema interaktif empat dimensi.

Terdapat juga beragam artefak dan fakta-fakta sejarah yang dihadirkan dalam diorama interaktif. Anak-anak juga bisa melihat sejarah mata uang Indonesia. Berbagai makna setiap pecahan Rupiah ditampilkan secara menarik dan tidak membosankan.

Sekitar pukul 3 sore, para peserta kembali menuju fX Sudirman dengan menaiki bus Transjakarta. Acara masih berlanjut di Lantai 5 fX Sudirman yaitu hadirnya Rumah Dongeng Pelangi. Di sini, anak-anak mendengarkan berbagai kisah dan cerita dongeng yang sangat interaktif. Asyik ya, Kids!

(Foto : Dok. Orami)

 

 

 

 

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *