Asyiknya Belajar Seluk Beluk Pertolongan Pertama Bersama Hansaplast

Siapa di sini yang nggak pernah terluka? Wah, rasanya kita semua pernah terluka ya, Kids. Apalagi nih, menurut World Health Organization (WHO), terjatuh merupakan salah satu kecelakaan yang paling sering dialami oleh anak-anak.

Tahukah kamu, luka jika tidak ditangani dengan baik dapat menimbulkan infeksi, bahkan menyebabkan trauma yang dapat menghambat kalian untuk tumbuh dan berkembang secara optimal. Nah, menguatkan komitmennya dalam melindungi keluarga Indonesia, Hansaplast mempersembahkan program Anak Siaga Hansaplast yang bertujuan membantu orangtua dalam memberikan edukasi seputar luka kepada anak. Melalui program ini, Hansaplast mengadakan serangkaian story telling yang diadakan secara virtual selama dua hari, yaitu 29-30 Juli 2021. Acara ini dihadiri oleh lebih dari 400 anak-anak bersama orangtuanya yang dengan antusias menyimak acara berlangsung.

Lebih dari 400 anak menghadiri acara story telling edukatif dengan antusias

Menggandeng story teller ternama Indonesia yaitu Kak Ria Enes dan boneka cantik Susan serta Kak Bonchie Yoska Sudrajat, Hansaplast mengajak orangtua dan anak Indonesia untuk memahami seluk-beluk luka. Mulai dari apa itu luka, jenis-jenis luka, hingga bagaimana cara menguasai keadaan yang tidak diinginkan seperti kecelakaan sehingga baik orangtua maupun anak dapat melakukan langkah pertolongan pertama pada luka secara tepat.

Kak Ria Enes dan Susan

“Saat terjadi insiden, poin terpenting yang justru paling sering dilupakan oleh orangtua adalah tetap tenang dan tidak panik. Agar anak tumbuh jadi pribadi yang tidak mudah panik, saat terjadi luka, orangtua sebaiknya tidak melarang anak untuk menangis melainkan mencoba menenangkan dengan cara meyakinkan bahwa Papa dan Mama ada bersamanya. Dengan sikap tenang, akan lebih mudah untuk fokus pada langkah yang seharusnya dilakukan untuk menangani luka sesuai dengan jenisnya,” Kak Ria Enes menjelaskan pada hari pertama rangkaian acara story telling, Kamis (29/07).

Lebih lanjut, Kak Ria Enes juga memberikan 3 (tiga) langkah mudah pertolongan pertama penanganan luka ringan di rumah, yaknI;
Bersihkan: Bersihkan luka dari kotoran untuk mencegah infeksi. Gunakan Hansaplast Spray Antiseptik yang dilengkapi Polyhexamethylene (PHMB) yang dapat mengobati luka tanpa rasa perih.
Lindungi: Lindungi luka dari kotoran dan bakteri untuk mencegah infeksi. Gunakan Plester Hansaplast dengan Bacteria Shield yang telah teruji secara klinis dapat melindungi luka dari kotoran dan bakteri penyebab infeksi.
Sembuhkan: Setelah luka mulai mengering, rawat luka dengan Hansaplast Salep Luka untuk mencegah bekas luka.

Kak Bonchie Yoska Sudrajat dan HansaBoy sedang menjelaskan tips menghadapi bencana

Di hari kedua, story teller Kak Bonchie Yoska Sudrajat kembali mengajak teman-teman belajar seluk beluk pertolongan pertama. Sembari bercerita, tak lupa Kak Bersama HansaBoy membagi tips untuk tidak panik saat menghadapi bencana atau musibah, seperti kebakaran, gempa atau kebanjiran.

“Adik-adik, kalau ada gempa. Lindungi kepala kamu dari benda-benda yang terjatuh. Masuk atau sembunyi ke kolong meja. Hindari kaca-kaca. Atau, segera pergi ke lapangan terbuka. Setelah itu kalian bisa meminta bantuan dengan menghubungi nomor telepon darurat nasional di 112 atau tim SAR di 115,” ujar Kak Bonchie.

“Kami berharap, program Anak Siaga Hansaplast ini dapat menyadarkan orangtua akan pentingnya memahami tata cara penanganan luka pada anak, terutama di saat pandemi seperti sekarang ini dimana anak banyak menghabiskan waktunya di rumah. Bila orangtua telah memiliki kemampuan yang cukup untuk membantu menangani luka-luka ringan yang dapat terjadi di rumah, diharapkan dapat menurunkan resiko infeksi dan anak-anak pun dapat lebih tenang dan nyaman dalam menjalankan kegiatan eksplorasi belajar dan bermain yang sangat mereka butuhkan untuk tumbuh dan berkembang secara optimal,” tutup Dr. Christopher Vierhaus, Marketing Director Hansaplast.

Foto: Efa

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *