Bagaimana, ya, rasanya bisa terbang sampai ke luar angkasa? Bertemu dengan bulan, bintang, dan planet lainnya. Bagaimana, ya, caranya?

Teman-teman bisa, kok, terbang ke angkasa luar. Caranya adalah dengan menjadi seorang astronot. Yang pasti, syarat utama menjadi seorang astronot itu harus berprestasi secara akademik di sekolah. Syarat lainnya, sehat secara fisik. Teman-teman juga tentunya harus mengetahui ilmu astronomi.

Fisika, Matematika, dan Kimia

Dalam ilmu astronomi, hal-hal yang dipelajari bukan hanya sekadar melihat dan mengamati bintang-bintang saja, tetapi jauh lebih rumit. Setiap ahli astronomi harus menguasai ilmu-ilmu eksakta, antara lain fisika, matematika, dan kimia. Karena semua ilmu pasti tersebut sangat dibutuhkan untuk melakukan perhitungan gerak benda-benda langit. Juga untuk mengetahui materi-materi apa saja yang membentuk bintang, planet, dan objek langit lainnya.

Siapa Astronot Itu?

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia yang dikeluarkan oleh Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional edisi 3 tahun 2002, seorang ahli astronomi mendapat sebutan astronom, dan ahli astrologi disebut astrolog. Sementara, kata astronot itu sendiri berarti awak pesawat ruang angkasa (=kosmonot; =antariksawan).

Dan, berdasarkan definisi yang terdapat dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, penjelajahan ke angkasa di luar atmosfer Bumi disebut dengan istilah astronotika, yang juga mempunyai arti ilmu tentang penjelajahan ke angkasa dengan kendaraan. Tentu saja kendaraan yang dimaksud disini adalah pesawat ruang angkasa. Orang yang mengendarai pesawat ruang angkasa inilah yang dikenal dengan sebutan astronot.

Tes Astronot

Lantas, apakah yang menjadi astronot ini adalah seorang ahli astronomi? Tentu saja tidak selalu demikian. Memang mungkin saja seorang astronom bisa dikirim ke luar angkasa untuk melakukan sebuah misi penjelajahan tertentu. Tapi tidak menutup kemungkinan pula bagi orang-orang dengan latar pendidikan di bidang lain untuk melakukan perjalanan ke luar angkasa ini.

Untuk menjadi astronot, seseorang hanya perlu melalui semua rangkaian proses seleksi yang diperuntukkan bagi calon awak pesawat ruang angkasa. Seorang pilot, dokter, ataupun insinyur, yang tidak berlatar belakang pendidikan astronomi, sangat mungkin menjadi astronot asalkan ia lulus tes.

Ilustrasi: Just For Kids

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *