Kids, pasti kalian pernah mendengar tentang asteroid. Ayo, kita berkenalan lebih jauh dengan asteroid!

Asteroid adalah objek luar angkasa yang mengorbit matahari.

Asteroid memiliki penampakan seperti batu, dan memiliki bentuk serta ukuran yang beragam. Ada asteroid besar, mempunyai diameter ratusan mil dan ada juga yang sekecil kerikil.
Ukuran asteroid lebih kecil dari planet, tapi ada beberapa asteroid yang ukurannya sangat besar sehingga dianggap planet kecil. Empat asteroid terbesar adalah Ceres, Vesta, Pallas, dan Hygiea.

Kebanyakan asteroid berkumpul di sabuk asteroid yang terletak di antara planet Mars dan planet Jupiter. Asteroid juga ditemukan di jalur orbit planet, seperti bumi. Banyak asteroid yang karena orbit mereka, melintas dekat dengan bumi. Asteroid-asteroid ini akan meledak di atmosfer bumi dan tidak akan membahayakan.

Berdasarkan elemen yang membentuk asteroid, objek luar angkasa ini bisa dibedakan menjadi 3 yaitu, karbon, bebatuan, dan metalik. Asteroid karbon terdiri dari batuan yang kaya unsur karbon. Asteroid bebatuan terdiri dari batu dan logam. Asteroid metalik terdiri dari logam terutama besi dan nikel.

Asteroid bisa menjadi sumber pengetahuan kita. Karena terbentuk pada saat yang sama dengan objek lain di tata surya, asteroid dapat memberikan banyak informasi kepada para ilmuwan tentang sejarah planet dan matahari.

 

 

 

Foto: Istimewa

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *